Cuaca Ekstrem Landa Makassar, 2 Unit Mobil Tertimpa Pohon Tumbang

  • Bagikan
Pohon tumbang di Kota Makassar, Senin (15/1). 

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang melanda Kota Makassar mengakibatkan pohon tumbang di beberapa titik lokasi di Kota Makassar, Senin (15/1). 

Pohon tumbang tersebut mengakibatkan dua unit mobil tertimpa di jalan Perintis Kemerdekaan dan Jalan Yos Sudarso. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar, Hendra Hakamuddin mengatakan telah terjadi pohon tumbang di enam titik. Yakni, di Jalan Yos Sudarso, Jalan Penjernihan, Jalan Manunggal dan Perintis Kemerdekaan. 

"Ada dua mobil yang tertimpa tapin jumlah korban sampai saat ini masih nihil," ujar Hendra Hakamuddin saat dikonfirmasi. 

Diketahui, BMKG Wilayah IV Makassar mengeluarkan prakiraan cuaca ekstrem hujan dengan intesitas curah sedang hingga tinggi disertai angin kencang di Kota Makassar dan wilayah lainnya di Sulawesi Selatan. Kota Makassar diprediksi berstatus siaga pada tanggal 14-16 Januari 2024. 

Maka dari itu, Hendra mengatakan Kota Makassar saat ini memasuki status siaga darurat. Sehingga, Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk waspada terhadap cuaca ekstrem yang terjadi saat ini hingga beberapa hari terakhir. 

Dengan menghindari tiang listrik, pohon tua, papan reklame khususnya juga memperbaiki kontruksi rumah. 

"Sesuai dengan arahan pemerintah, kami imbau waspada terhadap cuaca saat ini. Angin kencang, hujan lebat. Seperti yang terjadi beberapa hari terakhir ini mengakibatkan pohon tumbang," terang Hendra. 

"Kami bekerja sama dengan OPD terkait, termasuk DLH kitab perhatikan pohon tumbang," tambah Hendra. 

Hendra juga meminta kepada masyarakat yang berada di wilayah rawan banjir agar melakukan persiapan siaga waspada. (Shasa/B)

  • Bagikan