Menanti Pengaruh JK di Sulsel

  • Bagikan
Ali Armunanto.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kedatangan calon Presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan Ke Kabupaten Bone dan Barru, dipastikan akan didampingi oleh mantan wakil presiden ke 10 dan 12 Jusuf Kalla (JK). Ini sekaligus menguji pengaruh JK dalam mendongkrak suara AMIN di Sulsel pada Pilpres 2024 mendatang.

Pengamat Politik Universitas Hasanuddin (Unhas), Andi Ali Armunanto mengatakan jika JK orang yang paling dihormati di Bone dan dipastikan mampu bisa mempengaruhi publik.

“Kedatangan Anies dengan didampingi oleh Pak JK akan mengundang banyak orang dan orang-orang yang mengidolakan Pak JK di Bone tentu akan sangat senang mengikuti pilihan pak JK,” kata Andi Ali Armunanto.

Kehadiran JK ke Bone juga bagian dari pertarungan dengan Amran Sulaiman yang diketahui menteri pertanian tersebut berada di kubu pasangan Prabowo-Gibran. Apalagi Amran Suliman saat ini memiliki jaringan kuat yang sudah intens mengkampanyekan Paslon nomor urut 2 tersebut.

“Ini juga pertarungan gengsi antara Pak Amran dan Pak JK. Disini kita lihat siapa yang menang. Apakah pak JK sebagai mantan Wapres atau pak Amran sebagai pengusaha besar dan menteri,” ujarnya.

Untuk siapa yang bisa meraih suara signifikan baik itu di wilayah Bone, Soppeng, Wajo dan Sinjai (Bosowasi), kata Andi Ali sampai saat ini dia tidak lagi melihat hasil survei dari Bulan November hingga saat ini, tapi keduanya Paslon ini memiliki pengaruh signifikan khususnya di Sulsel. 

“Sama saja (Kekuatan), siapa saja yang intens dan memiliki jaringan kuat. Kita tahu bahwa Paslon Nomor urut 2  memiliki jaringan yang kuat karena melibatkan jaringan formal untuk membantunya. Sementara Anies hanya mengandalkan struktur yang diaibangun dari awal yakni tim pemenangan,” jelasnya. (Fahrullah/B)

  • Bagikan