Kapolda Sulsel Keliling Daerah Pastikan Pengamanan Pemilu

  • Bagikan
Kepala Polda Sulsel Inspektur Jenderal Andi Rian Ryacudu Djajadi berkunjung ke Polre Bone, beberapa waktu lalu.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan Inspektur Jenderal Andi Rian Ryacudu Djajadi rutin melakukan kunjungan ke daerah-daerah di Sulsel jelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) yang tersisa 29 hari. Kunjungan Andi Rian, dalam rangka memantau secara langsung kesiapan jajaran Kepolisian Resor dalam pengamanan Pemilu 2024.

Selain memantau kesiapan personel kepolisian, Andi Rian juga menyempatkan waktu bersilaturahmi dengan seluruh pemangku kepentingan di wilayah-wilayah yang dikunjunginya dan mengajak bekerja sama dalam menciptakan keramanan dan ketertiban masyarakat agar tercipta suasana yang sejuk pada Pemilu nantinya.

"Selama ini saya keliling dulu (ke daerah-daerah), saya mau cek semua jajaran (Polres jajaran) sudah siap untuk melaksanakan pengamanan Pemilu serentak," ungkap Andi Rian di kantor Redaksi Harian FAJAR, Gedung Graha Pena, Makassar, pekan lalu.

Adapun beberapa daerah yang telah dikunjungi di antaranya, Kabupaten Bone, Wajo, Soppeng, Maros dan Kota Makassar. Sementara hari ini, Rabu (17/1/2024), Andi Rian dijadwalkan berkunjung ke daerah yang dijuluki 'Bumi Nene Mallomo' atau Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap).

Saat berkunjung ke Kabupaten Bone, Andi Rian hadir didampingi istrinya yang juga merupakan Ketua Bhayangkari Sulsel, Dewwy Andi Rian dan sejumlah Pejabat Utama (PJU) Polda Sulsel.

Dalam kunjungan silaturahmi dan pemantauan kesiapan jajarannya mengamankan Pemilu ini juga dirangkaikan dengan bakti sosial dengan membagikan 3.400 paket sembako kepada masyarakat, dua paket umrah serta door prize lainnya.

Selain itu, pada kegiatan yang diselenggarakan di Lapangan Merdeka, Kabupaten Bone ini, turut digelar Bakti Kesehatan dan Pasar Murah yang disambut antusias masyarakat. Begitu juga saat berkunjung ke beberapa daerah lainnya seperti Kabupaten Soppeng, selain melakukan giat Bakti Sosial, Kesehatan dan Pasar Murah, Andi Rian ikut meresmikan Mako Polres Soppeng dan pembangunan Masjid Al-Aqso Polres Soppeng.

Selama kunjungan ke daerah-daerah, Andi Rian mengatakan pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memaksimalkan pengamanan Pemilu. Dan sejumlah ini tak ada kendala, semuanya berjalan sesuai yang diharapkan.

"Kami terus maksimalkan pengamanan Pemilu di daerah. Alhamdulillah sejauh ini tidak ada kendali berarti, semua aman terkendali," ujar dia.

Meski keinginan Andi Rian ingin mengunjungi seluruh daerah-daerah yang ada di Sulsel, namun secara waktu pelaksanaan Pemilu semakin dekat yang tidak memungkinkan. Dengan begitu, pemantauan Pemilu hanya dilakukan di wilayah yang potensi ada kerawanan Pemilu.

"Tapi secara keseluruhan sejauh ini aman, tidak ada gangguan berarti," ungkap dia.

Selain berkunjung ke daerah-daerah, Andi Rian belakang juga aktif melakukan koordinasi dengan mendatangi kantor media massa menjelang Pemilu. Saat berkunjung dan bersilaturahmi dengan Fajar Grup di Redaksi Harian FAJAR, Gedung Graha Pena, Makassar, Jumat (12/1/2024) lalu. Andi Ria mengungkapkan dirinya percaya media massa dapat memberikan peran vital dalam menangkal hoax saat Pemilu.

"Kita tahu sama-sama, saat ini kita sedang memasuki waktu-waktu menjelang pelaksanaan Pemilu serentak. Saya mohon doa semua, mohon dukungan ta supaya kita bisa bergandengan tangan menjaga Sulsel," tutur Andi Rian.

"Sama-sama kita kawal Sulsel supaya bisa melaksanakan, menyelenggarakan Pemilu secara aman, nyaman, dan kondusif," sambungnya.

Mantan Kapolda Kalimantan Selatan itu juga mengingatkan agar masyarakat tetap menjaga keamanan di wilayahnya masing-masing. Dengan begitu, ia mengajak masyarakat untuk menolak segala upaya provokasi yang bisa merusak kerukunan beragama dan tidak terprovokasi isu-isu menyesatkan lainnya.

Dia mengatakan, perbedaan pilihan pasti ada, untuk itu dirinya berharap agar perbedaan pilihan tersebut tidak menjadikan masyarakat berkonflik, melainkan menjadikan hal tersebut menjadi pengikat persatuan.

"Saya sampaikan ayo kita sama-sama bergandengan tangan, kita menjaga situasi kamtibmas, khususnya di Kota Makassar agar selalu kondusif. Masyarakat bisa berkegiatan sambil nanti menjelang pemilu mari kita bersama-sama bersukaria untuk menyambut pemilu yang akan datang," imbuh Andi Rian. (isak pasa'buan/C)

  • Bagikan