KPU Gowa Simulasi Pemungutan Suara di Lapas Perempuan

  • Bagikan
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gowa menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 di Lapas Perempuan Kelas IIA, di Jalan Poros Bollangi, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa, Senin (22/1/2024). Foto: ABDUL KADIR/RAKYATSULSEL/A

GOWA, RAKYATSULSEL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gowa menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 di Lapas Perempuan Kelas IIA, di Jalan Poros Bollangi, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa, Senin (22/1/2024).

Simulasi ini dilakukan agar warga binaan pemasyarakatan (WBP) mengetahui proses pemungutan suara Pemilu serentak 2024.

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara KPU Gowa, Nursalam Samad menerangkan, simulasi ini melibatkan warga binaan, penyelenggara adhoc Kecamatan Pattallassang. "Simulasi ini juga sebagai sosialisasi kepada warga binaan agar mereka paham proses pemungutan suara," katanya.

Dia mengungkapkan, Lapas Perempuan memiliki dua TPS. "Kalau total pemilih 400 lebih dengan dua TPS," ujarnya.

Sementara itu, Kalapas Perempuan Kelas IIA Sungguminasa, Yohani Widayati mengatakan, pihaknya telah mengusulkan 360 orang WBP pada DPT.

Namun, kata dia, sebanyak 130 orang pemilih di Lapas Perempuan telah bebas. "Kami usulkan 360 orang (pemilih), sampai saat ini pengusulan ada yang bebas sebanyak 130 orang. Jadi untuk pemilih tetap itu saat ini ada 230 orang warga binaan," katanya.

"Ada juga pemilih tahap tambahan ada 113 orang sementara verifikasi dan menunggu hasil. Kalau sampai saat ini total warga binaan kami 416 orang," sambungnya.

"Yang pasti untuk pemilu tahun ini sudah kami sampaikan agar memilih sesuai hati mereka. Kami di lapas ini tidak ada intervensi ke warga binaan. Yang penting jangan sampai hak pilihnya hilang," jelasnya.

Dia menambahkan bagi WBP yang telah bebas yang rumahnya dekat biasanya tetap memilih di Lapas Perempuan Kelas IIA Sungguminasa. "Kalau tempat tinggalnya terjangkau dari lapas biasa dia datang ke sini untuk memilih," pungkasnya. (Abdul Kadir/B)

  • Bagikan