Tujuh OPD Pemprov Sulsel Dipimpin Plt dan Plh

  • Bagikan
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Meninggalnya Pejabat Definitif Biro Hukum Pemprov Sulsel, Ebel Rante menjadikan tanggung jawab pimpinan OPD harus dijalankan oleh seorang pelaksana harian (Plh) atau Pelalasana Tugas.

Diketahui, saat ini sebanyak enam Jabatan Strategis OPD Pemprov Sulsel tengah dijalankan oleh Pelaksana Tugas (Plt) dan Pelaksana Harian (Plh), dan bertambah satu jabatan lagi yaitu Kepala Biro Hukum Pemprov Sulsel.

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin menyampaikan, terkait dengan jabatan mendiang Ebel Rante sebagai Kepala Biro Hukum Pemprov Sulsel, akan dijalankan oleh seorang Plh.

Kata dia, penunjukannya pun sudah dilakukan, hanya saja ia belum menyampaikan nama jelas orang tersebut.

“Saya sudah tunjuk Plh dari salah satu kepala bagian,” ujarnya kepada awak media, senin (22/1/2024).

Untuk informasi, untuk Jabatan Plh merupakan jabatan yang diberikan kepada seseorang karena memiliki halangan sementara, seperti pejabat definitifnya menjadi seorang Pj kepala Daerah. Sedangkan Plt adalah jabatan yang diberikan  kepada seseorang untuk menjalankan tugas apabila pejabat definitifnya berhalangan tetap, sepeti pensiun dan sebagainya.

Hanya saja, pihak BKD Sulsel belum memberikan konfirmasi terkait dengan siapa dan status Plh atau Plt  yang bakal memimpin Biro Hukum beberapa waktu kedepan sampai terpilihnya lagi pejabat definitifnya.

Sebelumnya, Kepala Kabid Mutasi BKD Sulsel  Zakiyah Assegaf menyampaikan,  Plt Jabatan Kepala Badan Kesbangpol Sulsel saat ini adalah Sekertaris Kesbangbol Sulsel, Asnyar dan Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel Asriadi Sulaiman.

Ia juga menyampaikan, Direktur Rumah Sakit Dadi Makassar juga dijabat Plt karena ada kekosongan jabatan, Wakil Direktur Pelayanan Penunjang Hj. Nursidah, S.ST.

Lalu, Untuk tiga jabatan yang  dipimpin oleh Plh itu disebabkan para pejabat definitifnya menjadi Pj Bupati. Seperti Kepala Bappeda Sulsel, Setiawan Aswad menjadi Pj Bupati Takalar, dan Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Sulsel, Andi Bakti Haruni menjadi Pelaksana harian (Plh).

Selanjutnya, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sulsel Asrul Sani menjadi Pj Wali Kota Palopo dan Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprov Sulsel, Idham Kadir menjadi Pelaksana harian (Plh).

Lalu, Kepala Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan, Junaedi B menjadi Pj Bupati Jeneponto, dan Asisten II Pemprov Sulsel, Ichsan Mustari sebagai Pelaksana harian (Plh).

  • Bagikan