Solidaritas Jurnalis Bone Demo dan Kecam Oknum Pengguna Media Sosial Copy Paste Karya Jurnalis

  • Bagikan
Solidaritas Jurnalis Bone saat menggelar aksi damai.

BONE, RAKYATSULSEL - Menyikapi perilaku para oknum penggiat media sosial yang sering mencopy paste karya jurnalis tanpa koordinasi dan komunikasi, sejumlah wartawan di Bumi Arung Palakka yang tergabung dalam Solidaritas Jurnalis Bone, menggelar aksi damai, Senin (22/01/2024).

Aksi damai Solidaritas Jurnalis Bone tersebut dalam menuntut oknum penggiat media sosial yang sering melakukan copy paste karya jurnalis tanpa melakukan konfirmasi sebelumnya ke jurnalis, dilakukan di tugu jam depan Rujab Bupati Bone, selanjutnya ke Polres Bone untuk menyampaikan aduan terkait keresahan jurnalis Bone.

Pimpinan Redaksi Lepasnews.Com, Anto Syam Bank Adam dalam orasinya mengatakan, bahwa beberapa oknum penggiat media sosial dengan seenak hati langsung mengambil karya teman teman jurnalis tanpa minta izin sebelumnya, sehingga membuat publik tidak lagi membuka link berita teman-teman jurnalis.

“Mereka hanya bisa mengambil berita-berita kami lalu mengupload ke sosial medianya masing-masing, sehingga masyarakat tidak lagi membuka media kami, mereka tidak tahu, kami rela berjuang di lapangan untuk mendapatkan informasi lalu seenaknya mereka langsung mengcopy paste begitu saja,” ujar Anto Syambani Adam

Sementara itu, Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesi (PWI) Bone, Agustafa dalam orasinya mengatakan bahwa ini sangat jelas melanggar hak cipta dan telah melanggar kode etik jurnalis.

“Selaku pewarta itu dalam melakukan profesinya dilindungi oleh undang-undang pers, disitu sangat jelas bahwa dimana perusahaan pers itu melaksanakan kerja jurnalistiknya sesuai dengan standar yang telah ditentukan, bahkan diatur dalam kode etik jurnalistik yang dijunjung tinggi,” tegas Agus

Dengan adanya akun-akun sosial media ini yang tidak diketahui siapa tuannya, sangat merugikan teman-teman jurnalis karena langsung mengambil berita teman-teman tanpa mengetahui betapa susahnya seorang jurnalis itu melakukan peliputan di lapangan.

Aksi demonstrasi yang dilakukan solidaritas jurnalis Bone ini diterima langsung oleh Kasat Intelkam Polres Bone didampingi KBO Sat Reskrim Ipda Gunawan S.H dan sejumlah pejabat Polres Bone. 

Reskrim Polres Bone pun berjanji akan memberikan perhatian dan atensi khusus terkait aduan sejumlah media di Bone ini.

“Kami akan berikan perhatian dan atensi dan akan segera melakukan penyelidikan lebih lanjut, dengan mengumpulkan bukti-bukti serta mengumpulkan keterangan dari sejumlah saksi-saksi dan selanjutnya akan melakukan olah perkara kemudian apa yang menjadi tindak pidana dalam kasus ini,” jelas Ipda Gunawan. (Enal)

  • Bagikan