Jelang Penilaian Adipura, Ini yang Dilakukan Damkar di TPA Antang

  • Bagikan
Damkar Kota Makassar melakukan penyemprotan echo enzim di TPA Antang, Kecamatan Manggala, Senin (29/1/2024).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Kota Makassar terus melakukan pembenahan jelang penilaian Adipura 2023.

Salah satunya, penyemprotan echo enzim sebanyak 30 liter yang dilakukan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar di TPA Antang, Kecamatan Manggala, Senin (29/1).

Penyemprotan ini dilakukan untuk menciptakan kondisi kualitas udara menjadi lebih baik.

Sebab, TPA Antang menjadi salah satu titik penilaian dari tim verifikasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

"Adapun komposisinya yakni sebanyak 10 liter echo enzim yang dicampurkan kedalam 8.000 liter, sehingga digunakan sebanyak 30 liter echo enzim," ujar Kepala Damkar Makassar, Hasanuddin, Senin (29/1/2024).

Diketahui, echo enzim merupakan cairan organik yang memiliki banyak manfaat diantaranya untuk mengurangi karbon dioksida di udara penyebab polusi (CO2) ke atmosfer dan mengikat panas di awan.

Hasanuddin mengatakan, penyemprotan echo enzim ini dilakukan bersama beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar dan organisasi INLA.

Adapun armada yang dikerahkan untuk penyemprotan Echo enzim ini, kata Hasanuddin, sebanyak tiga unit dengan kapasitas 8.000 liter.

Hasanuddin pun optimis Kota Makassar dapat meraih Adipura 2023.

"Larutan echo enzim guna memaksimalkan penguraian dan polusi akibat penumpukan sampah di TPA Antang," ujar Hasanuddin.

Sekadar diketahui, Tim Verifikasi Penilai Adipura 2023 dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan turun ke 19 titik lokasi di Kota Makassar untuk melakukan penilaian.

Di antaranya, TPA Tamangapa, Bank Sampah Pusat, RSUD Daya, Puskesmas Makkasau, pasar tradisional, tempat wisata Akkarena, sekolah, hingga kantor pemerintahan.

Tak hanya itu, lokus lainnya, seperti pasar tradisional, permukiman warga, trotoar, sekolah, puskesmas, taman dan juga rumah sakit sudah memenuhi syarat. Hanya tinggal pembenahan di beberapa titik.

Sebelumnya, telah dilakukan pula secara serentak aksi kerja bakti, oleh seluruh OPD dan pemerhati lingkungan di Kota Makassar.

Melihat kesiapan seluruh stakeholder, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto optimistis bisa meraih kembali piala Adipura di periode kedua kepemimpinannya.

Sebab menurutnya apa yang menjadi indikator penilaian Tim KLHK menunjukkan progres yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Hanya tinggal menunggu verifikasi lapangan.

"Kita harus tetap optimistis, indikatornya kan seperti toilet harus bersih, pemilahan sampah harus jelas dan saluran drainase harus berfungsi dan itu semua kita maksimalkan," tutup Danny. (Shasa/B)

  • Bagikan