Alhamdulillah, UMI Raih Peringkat 93 sebagai Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia 2024

  • Bagikan
Kampus UMI Makassar

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Webometric kembali memperbarui daftar peringkat perguruan tinggi di dunia, termasuk di Indonesia, untuk tahun 2024. Dari 1961 perguruan tinggi di Indonesia, terdapat 100 perguruan tinggi terbaik yang menjadi rujukan utama bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan.

Ke-100 perguruan tinggi tersebut merupakan kumpulan kampus unggulan di Indonesia, dan salah satunya adalah Universitas Muslim Indonesia (UMI). Dalam peringkat yang berbasis layanan website tersebut, UMI ditempatkan pada posisi ke-93.

Dalam keterangan resmi peringkat berbasis layanan website tersebut, UMI mencatat skor yang sangat baik dari tiga indikator penilaian, yaitu Impact Rank, Openness Rank, dan Excellence Rank.

Pada edisi Januari 2024 ini, UMI meraih skor 5318 pada indikator Impact Rank, 8367 pada Openness Rank, dan 5401 pada Excellence Rank.

"Alhamdulillah, ini merupakan pencapaian yang luar biasa di awal tahun 2024. Masuk dalam 100 terbaik bukanlah hal yang mudah, dan tentu ini berkat kerjasama seluruh elemen di UMI," ungkap Rektor UMI Prof. Dr. Sufirman Rahman, SH, MH, di ruang kerjanya, Menara UMI, Jalan Urisp Sumhardjo, Makassar, Jumat (2/2/2024).

Diketahui, Webometrics adalah inisiatif dari Lab Cybermetrics, sebuah kelompok penelitian yang merupakan bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), lembaga penelitian publik terbesar di Spanyol. CSIC adalah salah satu organisasi penelitian dasar tertua di Eropa.

Penelitian berbasis website ini sering dijadikan acuan oleh perguruan tinggi di seluruh dunia untuk mengukur sejauh mana masyarakat mengakses website perguruan tinggi untuk kebutuhan layanan pendidikan tinggi. (Yadi/A)

  • Bagikan