Kemenkumham Babel Ikuti Pembinaan dan Evaluasi Pembangunan Zona Integritas

  • Bagikan

BANDUNG, RAKYATSULSEL - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, Harun Sulianto didampingi Kepala Divisi Administrasi, Muslim Alibar ikuti Pembinaan dan Evaluasi Pembangunan Zona Integritas yang digelar di Hotel Aryaduta Bandung.

Kegiatan tersebut terkait Analisa Dokumen Data Dukung Satuan Kerja yang akan diusulkan sebagai satuan kerja menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Acara yang berlangsung pada 31 Januari sampai dengan 3 Februari 2024 tersebut diselenggarakan oleh Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kemenkumham RI.

Kepala Subbagian Perencanaan Reformasi Birokrasi Biro Perencanaan Kemenkumham, Erwin Nugroho mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 43 satuan kerja yang akan diusulkan WBBM.

Dengan 3 narasumber pada hari pertama ini, yaitu Penelaah Teknis Kebijakan Bidang 4 Setjen Kemenkeu, Rizal. Lalu dari Itjen Kemenkeu, Tri Sukoco Yudi Pramono dan Denis Yudo Susilo.

Narasumber pertama, Rizal menjelaskan pelaksanaan pembangunan Zona Integritas di Kementerian Keuangan. Ia mengatakan jika keberhasilan Kemenkeu dalam membangun zona integritas yaitu adanya arahan yang kuat dari Menteri Keuangan agar seluruh satuan kerja di Kemenkeu meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

"Pembangunan Zona Integritas adalah kerja sama seluruh lini. Hasil baik dari pembangunan ZI di Kemenkeu adalah sinergi dan koordinasi dari Setjen dan Itjen Kemenkeu untuk membina unit kerja yang ingin meraih predikat WBK dan WBBM," ujar Rizal.

Disampaikan Rizal, sinergi juga dilakukan satuan kerja yang sudah meraih predikat WBK dengan memberikan transfer knowledge kepada satuan kerja yang belum meraih WBK. Sementara satuan kerja yang sudah meraih WBBM melakukan transfer knowledge ke lintas Kementerian.

  • Bagikan