Tips Jitu Memilih Laptop, 7 Spesifikasi Ini Sangat Penting bagi Mahasiswa Teknik!

  • Bagikan
ilustrasi laptop dengan beragam spesifikasi

3. Storage
Storage atau penyimpanan data, penting untuk diperhatikan supaya bisa menyimpan tugas-tugas selama kuliah sehingga tidak hilang. Untuk mahasiswa teknik, storage yang disarankan minimal 500+ GB SSD.

4. Resolusi layar laptop
Resolusi layar yang dibutuhkan mahasiswa teknik pada dasarnya yaitu full HD atau minimal 1920 x 1080 pixels sehingga bisa memberikan kualitas video yang jelas bagi mahasiswa teknik yang sering berurusan dengan desain.

5. Baterai
Baterai yang dibutuhkan oleh mahasiswa teknik cukup besar untuk kebutuhan mobile dikarenakan tidak bisa setiap saat berada dekat sumber listrik. Baterai laptop yang dibutuhkan minimal bisa tahan bekerja selama minimal 6 jam.

6. Port dan konektivitas
Konektivitas juga penting diperhatikan sehingga tidak mengganggu proses belajar mahasiswa dan juga pengerjaan tugas. Untuk spesifikasinya:

  • Port: USB 3.0, headphone, dan HDMI
  • Konektivitas: WiFi 5 atau WiFi 6

7. Fitur keamanan
Fitur keamanan yang mumpuni harus dimiliki pada laptop sehingga data lebih aman terlebih ketika harus bekerja secara mobile. Fitur keamanan juga penting agar tidak bisa orang lain iseng masuk ke laptop secara sembarangan. Fitur keamanan pada laptop yaitu memiliki fitur fingerprint.

Ada banyak pilihan merk bagi kamu yang ingin membeli laptop untuk membantu tugas-tugas perkuliahan, tentunya disesuaikan dengan kesiapan dana yang ada ya! (JP/RAKSUL)

  • Bagikan