Bantuan Bibit Cavendish Dari APBD Segera Disalurkan

  • Bagikan
ILUSTRASI pisang cavendish

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPH-Bun) Sulsel, Imran Jauzi menyampaikan pemberian bibit pisang Cavendish kepada masyarakat sudah lebih dari 100 ribu bibit sejak dimulainya Program Prioritas Pemprov Sulsel itu.

Kata dia, pihaknya terus menggenjot pemberian bantuan bibit untuk masyarakat.

“Sudah lebih 100 ribu bibit cavendish sudah kita bagikan kepada masyarakat sejak akhir 2023 dan awal 2024,” bebernya kepada Rakyat Sulsel, Kamis (15/2/2024).

Lanjut dia, untuk pemberian bibit cavendish itu sebelumnya menggunakan bantuan CSR.

“Untuk pisang cavendish sejak akhir 2023 dan awal 2024 kita salur itu bersumber dana bantuan CSR. Bibitnya itu memang disediakan CSR. Tugas kami menyalurkan sesuai permohonan masyarakat atau instansi yang menyiapkan lahan,” paparnya.

Dalam waktu dekat ini bantuan bibit cavendish yang bersumber dari APBD 2024 Pemprov Sulsel baru akan dilaksanakan.

“Kalau bantuan bibit Cavendish dari APBD paling lambat awal Maret disalurkan,” sebutnya.

Kata dia, penyaluran bibit cavendish menggunakan APBD 2024 ini sebelumnya menunggu sertifikasi bibit.

“Pengadaan cavendish menggunakan APBD kita selesaikan sertifikasi bibitnya dan nanti pengadaannya sudah menggunakan APBD,” cetusnya.

Terkait dengan jumlah diawal penyaluran bantuan bibit menggunakan APBD itu akan menyesuaikan dengan kemampuan penyedia bibit pisang cavendish.

“Untuk tahap awal, tergantung ketersediaan bibit, karena kita beli, tergantung penyedia berapa yang mereka sanggup. Kalau penyedia sanggup 200 ribu ya kita 200 ribu,” bebernya. (Abu/B)


  • Bagikan