AHY Siap Dilantik Jadi Menteri ATR-BPN: SBY Diminta Restu

  • Bagikan
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono

JAKARTA, RAKYATSULSEL - Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dikabarkan bakal segera dilantik oleh Presiden Jokowi sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) atau Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Rabu (21/2/2024).

Sebelum dilantik, AHY dikabarkan sudah meminta restu sang ayah yang sekaligus Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Hal tersebut terlihat dari unggahan kader Demokrat Yan Harahap melalui akun twitter pribadinya.

Yan menyebut jika SBY telah memberikan restu dan akan mendoakan AHY dalam menjalankan tugas barunya.

"Pak SBYudhoyono mendoakan dan memberikan restu untuk Mas Agus Yudhoyono dalam menjalankan tugas negara ke depan," ucapnya.

Ia juga menyebut jika SBY tidak bisa hadir pada pelantikan tersebut, sebab baru saja tiba dari perjalanan dari Jawa Timur.

"Pak SBY tak bisa hadir dalam pelantikan hari ini karena baru saja tiba di Cikeas dari perjalanan ke Jawa Tengah dan Jawa Timur," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut akan melantik Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurthi Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) atau Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Rabu (21/2/2024).

Ini guna menggantikan Hadi Tjahjanto yang akan dilantik dan menduduki posisi baru sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Ham (Menko) Polhukam, yang sebelumnya diisi Mahfud MD.

Dikabarkan, Pelantikan akan dilakukan sekitar pukul 11.00 WIB. Perlu diketahui, dalam kalender Jawa, hari ini merupakan hari Rabu Pon, yang kerap jadi momentum reshuffle kabinet di era Presiden Jokowi.

Sebelumnya Menkominfo Budi Arie Setiadi, yang ditanya soal isu AHY, belum mau bicara banyak. Namun dia juga tak membantah kabar AHY bakal masuk kabinet.

"Nanti tunggu saja undangan resminya," ujar Ketum Projo itu kemarin.

Jokowi sendiri, sempat buka suara soal kabar pelantikan menteri hari ini kemarin. Jokowi tidak membuka terang-terangan dan meminta publik untuk menunggu besok. (fjr/raksul)

  • Bagikan