Pemkab Gowa Pacu Penggunaan Mbizmarket Untuk Pengadaan Barjas

  • Bagikan
Sosialisasi dan Refreshment Penggunaan Fitur Pengadaan pada Mbizmarket, berlangsung di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Selasa (27/2).

GOWA, RAAKYATSULSEL - Diawal Tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Gowa memaksimalkan pengadaan barang dan jasa (barjas) melalui toko daring  yang bekerjasama dengan Mbizmarket. Yang mana upaya tersebut dituangkan dalam Sosialisasi dan Refreshment Penggunaan Fitur Pengadaan pada Mbizmarket, berlangsung di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Selasa (27/2). 

Kepala Bagian Unit Pelayanan Barang dan Jasa Setkab Gowa, Aisyah Najamuddin mengatakan, sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2021 lalu, bahwa seluruh pemerintah daerah se-Indonesia wajib meningkatkan belanja e-purchasing baik itu e-katalog maupun barang-jasa. 

Ia menambahkan bahwa Kabupaten Gowa termasuk kabupaten yang gerak cepat untuk melaksanakan instruksi tersebut. 

"Untuk tahun 2022 lalu,  Kabupaten Gowa masuk dalam beberapa kategori dan kita masuk dalam urutan 5 besar, ini dikarenakan, Gowa termasuk cepat dalam menanggapi Instruksi Presiden tersebut," katanya. 

Untuk skala nasional, kata Aisyah, daerah dengan peringkat terbaik e-purchasing banyak ditemui di Pulau Jawa dan Kalimantan. 

"Tapi kalau untuk peringkat di Sulawesi Selatan untuk belanja tertinggi e-purchasing Kabupaten Gowa masih dalam peringkat pertama," ujarnya. 

Sebagaimana diketahui, e-purchasing adalah tata cara pembelian barang/jasa melalui system catalog elektronik (e-catalogue) yang diselenggarakan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Sementara itu, Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Abdul Karim Dania mengatakan, tujuan dari pelaksanakan Sosialisasi Mbizmarket ini untuk mengetahui penggunaan Kartu Kredit Pemerintah (KKP) dalam Mbizmarket. 

"Selain itu para perwakilan SKPD hingga kecamatan diberikan pemaparan terkait dengan fitur-fitur Mbizmarket berupa Mbiztravel yang bisa mengakomodir perjalanan dinas," ungkap Pj Sekda Gowa. 

Dari kegiatan ini diharapkan dapat terlaksananya peningkatan belanja melalui e-purchasing. 

"Mbiztravel diharapkan dapat membantu pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dalam fleksibilitas akomodasi perjalanan dinas," harap Abdul Karim Dania.

Sosialisasi ini menjadi upaya Pemerintah Kabupaten Gowa untuk melakukan peningkatan penggunaan produk dalam negeri melalui Tokodaring.

Sosialisasi yang dihadiri  perwakilan SKPD, Puskesmas hingga kecamatan di Kabupaten Gowa ini menghadirkan langsung pemateri dari Mbizmarket yakni Account Manager Sulawesi Selatan, Ryan Arifin. (***)

  • Bagikan