Ramadan Tiba, Catet ya, Bukan Berbukalah dengan yang Manis, Tapi Awali dengan Minum Air Putih

  • Bagikan

RAKYAT SULSEL.CO - Tagline berbukalah dengan yang manis sangat melekat pada masyarakat ketika memasuki bulan Ramadhan.

Banyak yang percaya, berbuka puasa dengan minuman atau makanan manis bisa mengembalikan kadar gula darah yang sudah turun. Benarkah demikian?

Salah satu hasil penelitian survei dari Health Collaborative Center (HCC) menunjukkan air putih dan air mineral menjadi preferensi utama untuk membatalkan puasa, juga pada saat sahur.

Hasil penelitian itu sejalan dengan saran Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) yaitu pilihlah air putih saat berbuka puasa ketimbang minuman manis.

Pertimbangannya tubuh harus mengembalikan cairan yang hilang setelah berpuasa selama lebih 13 jam. Jadi jangan langsung berbuka dengan makanan berat, gorengan, dan makanan tak menyehatkan.

Dikutip dari Kementerian Kesehatan, minum air yang mengandung mineral saat berbuka puasa bisa membuat tubuh langsung aktif kembali.

Ini karena sel darah merah akan dirangsang untuk tumbuh lebih cepat sehingga akan menghasilkan lebih banyak oksigen dan energi. Untuk lebih lengkapnya simak penjelasan berikut ini.

Dehidrasi merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi selama Ramadan. Tidak mengherankan, karena kamu tidak menerima asupan makanan dan minuman sama sekali selama 12 jam lebih .

Untuk mendapatkan energi, tubuh akan menggunakan simpanan karbohidrat (yang disimpan di hati dan otot) dan lemak setelah semua kalori dari makanan yang dikonsumsi pada saat sahur sudah habis.

Namun, tubuh tidak bisa menyimpan air, sehingga ginjal akan menghemat air semaksimal mungkin dengan mengurangi air yang terbuang dalam urine. Kehilangan air juga tidak bisa dicegah sama sekali karena kamu akan pergi ke toilet dan berkeringat saat cuaca panas.

Kebanyakan orang yang berpuasa akan mengalami dehidrasi yang ringan, yang bisa menyebabkan sakit kepala, kelelahan dan sulit berkonsentrasi.

Namun, beberapa penelitian sudah menunjukkan bahwa kondisi itu tidak berbahaya bagi kesehatan, asalkan kebutuhan cairan segera digantikan saat berbuka puasa. Nah, itulah mengapa kamu dianjurkan untuk berbuka dengan minum air putih terlebih dahulu.

Setelah minum air putih, barulah kamu boleh mengonsumsi makanan manis untuk memulihkan energi. Tapi bukan berarti boleh mengonsumsi makanan manis sebanyak yang kamu inginkan.

Pasalnya, berbuka dengan mengonsumsi banyak makanan manis bisa membuat gula darah melonjak dan menyebabkan kenaikkan berat badan. Jadi, usahakan untuk tetap membatasi makanan manis yang kamu konsumsi.

Dikutip dari WebMD, apabila saat berbuka diisi dengan mengonsumsi minuman manis secara berlebihan bisa berisiko mengganggu kesehatan tubuh. Seperti gula darah yang tinggi, jantung, stroke, kerusakan ginjal, dan lainnya.

Nah berikut ini, tips berbuka puasa yang sehat:

  1. Minum Air Putih
  • Bagikan