Mantan Bupati dan Wabup Bone Dua Periode Gagal Tembus Parlemen

  • Bagikan
DR. H. Andi Fashar M Padjalangi dan H. Ambo Dalle.

BONE, RAKYATSULSEL - Meski hasil resmi perolehan suara belum diumumkan KPU atau masih sementara berlangsung, namun sudah hampir dipastikan jika mantan Bupati Bone dan Wakil Bupati Bone dua periode, Andi Fashar M Padjalangi dan H Ambo Dalle tidak lolos menjadi anggota DPR RI dan DPRD Provinsi Sulawesi Selatan.

Pasalnya, pasangan yang terkenal dengan tagline Tafa'dal tersebut tertinggal jauh perolehan suaranya dari rival-rivalnya. Bahkan partai yang dikendarai H Ambo Dalle yang bertarung di Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan 7, PPP tidak ada meloloskan wakilnya di DPRD Provinsi Sulawesi Selatan 2024-2029.

Sementara Andi Fashar M Padjalangi yang bertarung di DPR RI Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan 2 yang mengendarai Partai Golkar juga dipastikan gagal ke Senayan.

Pengamat politik di Kabupaten Bone, Andi Muhammad Edy menuturkan, kegagalan mantan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Bone 2 periode tersebut lantaran masyarakat jenuh terhadap kepemimpinan keduanya.

"Besar kemungkinan kegagalan pasangan Tafa'dal melenggang ke Senanyan (DPR RI) dan DPRD Provinsi Sulsel diperkirakan adanya kejenuhan masyarakat terkait kepemimpinannya selama 2 periode," ujar Andi Muhammad Edy, Minggu (3/3/2024).

"Selain itu faktor tim juga sangat mendukung, karena tim akan bekerja mengurus segala teknis dan pemenangan serta tim itu harus terstruktur. Dan ini (tim) yang terstruktur yang saya tidak dapatkan dari Andi Fashar dan H Ambo Dalle," ujarnya lagi.

Ia menambahkan, keterbukaan demokrasi saat ini serta banyaknya caleg milenial membuat persaingan para caleg semakin kuat dan faktor finansial yang harus mendukung pula serta penurunan partisipasi pemilih di Kabupaten Bone, juga besar pengaruhnya.

"Pada Pemilu kali ini, di Kabupaten Bone ada penurunan partisipasi pemilih yang disebabkan adanya aturan harus memperlihatkan KTP atau identitas diri lainnya. Sehingga banyak masyarakat yang enggan ke TPS serta banyak pula yang ditolak di TPS karena tidak mampu menunjukkan KTP dan atau identitas diri lainnya," jelas Andi Muhammad Edy.

Sebagai informasi, saat ini KPU Kabupaten Bone sementara melakukan perekapan suara dari 27 kecamatan yang ada di Kabupaten Bone.

Namun berdasarkan hasil Quick Count dan D Hasil dari Rapat Pleno Terbuka yang telah selesai di 27 kecamatan di Kabupaten Bone, untuk DPR RI Dapil Sulsel II, partai Golkar diperkirakan akan mendudukkan 2 orang wakilnya/calegnya yakni HAM Nurdin Halid dan Supriansa Mannahu/Taufan Pawe (yang memperebutkan kursi 9 dengan Andi Muawiyah Ramly dari PKB).

PPP bakal dimiliki H Aras, PAN (Andi Yuliani Paris), PKS (Ismail Bahtiar), Gerindra (Andi Amar Ma'ruf dan Andi Darmawan Aras), satu kursi diprediksi milik Nasdem (Teguh Iswara).

Untuk DPRD Provinsi Sulawesi Selatan 7 diprediksi milik Andi Tenri Abeng (Gerindra), Yasir Machmud (Gerindra), H. Syahril (Demokrat), H. Muhammad (Nasdem), Andi Batara Lantara (PDIP), Andi Irwan Wirasasti (PKS) dan Andi Izman Maulana Padjalangi (Golkar). (Enal/B)

  • Bagikan