Ramai-ramai Lirik Pilkada 2024

  • Bagikan
Ilustrasi Pemilu Serentak 2024

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kabupaten/kota di Sulawesi Selatan tidak lama lagi digelar. Sejumlah figur atau elite parpol mulai terang-terangan siap maju bertarung di Pilkada serentak 2024 ini.

Ketua Golkar Kabupaten Pinrang, Usman Marham memastikan dirinya akan bertarung pada Pilkada Kabupaten Pinrang mendatang. Raihan 6 kursi yang dicapai Partai Golkar di Pileg 2024 ini menjadi modal Usman Marham.

"Saya ingin memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Pinrang," kata Usman Marham, Kamis (7/3/2024).

Usman Marham, yang memiliki akar keluarga di Pinrang, menyampaikan niatnya untuk berkompetisi dalam Pilkada demi mewujudkan perubahan yang lebih baik bagi masyarakat Pinrang.

"Dengan rendah hati dan penuh tanggung jawab, saya memutuskan untuk maju dalam Pilkada Pinrang 2024," jelasnya.

Langkah Usman Marham ini disambut baik oleh sejumlah tokoh masyarakat dan politisi di Pinrang, yang melihat kehadirannya sebagai pilihan yang potensial dalam mengemban tanggung jawab kepemimpinan di daerah tersebut.

Apalagi Partai Golkar juga telah menugaskan dirinya sebagai bakal calon. Usman Marham mengaku siap untuk menjalani proses kampanye yang berintegritas dan konstruktif.

"Saya mengajak semua pihak untuk turut serta dalam membangun Pinrang ke arah yang lebih baik," ajaknya.

Ketua DPD Golkar Luwu, Patahudding memberi apresiasi dan ucapan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Luwu yang memberikan kepercayaan dan pilihan politiknya kepada Partai Golkar.

"Sehingga partai berlambang pohon beringin mampu meraih 5 kursi di DPRD Luwu untuk periode 2024-2029. Alhamdulillah perolehan suara Golkar di Kabupaten Luwu naik 41 persen di banding Pemilu 2019 lalu. Tentunya denhan hasil ini Partai Golkar Luwu akan menatap Pilkada 2024," jelasnya.

"Sesuai petunjuk DPP Golkar, kami Partai Golkar Luwu bertekad untuk mengusung kader maju menjadi calon Bupati Luwu dengan berkoalisi parpol peraih kursi di parlemen DPRD Luwu," tandas Patahudding.

Sementara itu, Ketua Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jeneponto, Islam Iskandar kian memberikan sinyal kuat maju bertarung di Pilkada.

Islam Iskandar yang telah ditetapkan sebagai salah satu figur usungan Partai Golkar di Pilkada Jeneponto tersebut, kini nampak mulai intens mengelar pertemuan dengan sejumlah tokoh politik dan tokoh masyarakat, bahkan baliho bergambar dirinya mulai berseluyuran di sejumlah wilayah di Jeneponto.

Islam Iskandar yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jeneponto tersebut bahkan dikabarkan telah mendapatkan banyak tawaran dari sejumlah figur lainnya untuk berpasangan di Pilkada mendatang.

Islam Iskandar yang dikonfirmasi tak menampik kalau dirinya kian serius mempersiapkan diri maju di Pilkada. "Insya Allah, biarkan waktu menjawab semua itu. Kalau soal itu (tawaran berpaket dengan figur lainnya), ya sudah ada beberapa yang coba berkomunikasi, tapi saya belum bisa membeberkan lebih jauh, yang jelas Insya Allah," ujar Islam.

Di Palopo, sejumlah nama telah mencuat akan maju bertarung di Pilwalkot Palopo. Diantaranya Rahmat Masri Bandaso (RMB), Akhmad Syarifuddin, Haidir Basir, Budi Sada, Alfri Jamil, Bangun Tangke Padang, dr. Nasaruddin Nawir, dr. Abdul Syukur Kuddus, Kamal Dakka, Hj Hasriani, Irbar Pairing Senobua', HM Yunus, dr Herman Jaya, dan Farid Kasim Judas (FKJ).

Rahmat Masri Bandaso (RMB) adalah mantan wakil walikota Palopo periode 2008-2013 bersama almarhum H.P.A Tenriadjeng, dan periode 2018-2023 bersama HM. Judas Amir. Peluang RMB cukup besar dalam kontestasi ini, terutama dengan dukungan yang diperoleh dari Partai Golkar yang berhasil memperoleh 6 kursi DPRD pada pileg 2024.

Selanjutnya, Akhmad Syarifuddin Daud (Ome), mantan Wakil Walikota Palopo periode 2013-2018, yang saat ini menjabat sebagai Dewan Pengawas BPJS pusat, juga diprediksi akan kembali maju pada Pilkada Palopo 2024.

Haidir Basir (HB), mantan birokrat yang kini menjabat sebagai Ketua DPD PPP Kota Palopo, juga diprediksi akan turut meramaikan kontestasi ini, sebagaimana Budi Sada, mantan birokrat yang kini menjabat sebagai Ketua Partai Gelora Palopo.

Selain dari kalangan politisi, terdapat juga nama-nama dari kalangan pengusaha seperti Kamal Dakka dan Bangun Tangke Padang yang juga telah mewacanakan keikutsertaan mereka pada Pilkada Palopo 2024.

Tidak ketinggalan, terdapat juga figur perempuan tangguh, Hj. Hasriani, ketua Partai Gerindra Kota Palopo, yang didorong untuk turut serta dalam Pemilihan Walikota/Wakil Walikota Palopo 2024.

Selain itu, ada dari kalangan milenial yang turut meramaikan kontestasi demokrasi lima tahunan ini, yaitu Rahmat Al Kafi (RK). Nama RK telah mencuat sebagai salah satu peserta yang berpotensi untuk bersaing dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Palopo.

RK, yang merupakan Ketua Gerakan Anak Muda Palopo (Gerakan AMPO), telah aktif dalam berbagai organisasi, termasuk sebagai mantan ketua umum Pengurus Besar IKAMI Sulsel Periode 2020-2022, serta peran aktifnya sebagai aktivis dalam berbagai organisasi nasional seperti Wasekjend DPP KNPI dan PP IPLR.

Selain sebagai seorang aktivis, RK juga memiliki jejak bisnis di bidang media, sebagai Founder beberapa media di Indonesia.

Didorong oleh dukungan dari kolega dan teman-temannya, baik di Palopo maupun di Pulau Jawa, RK dipersiapkan untuk maju sebagai bakal calon walikota atau wakil walikota Palopo pada Pilkada 2024, sebagai perwakilan dari kalangan anak muda untuk bersaing dengan nama-nama lainnya.

RK menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan yang diberikan oleh teman-teman dan koleganya. "Saya sangat berterima kasih atas dukungan yang diberikan. Jika rakyat menghendaki, insya Allah," ujar RK yang merupakan Alumni Pesantren IMMIM Putra ini. (Yadi-Zadly/B)

  • Bagikan