Hamka B Kady Minta Basarnas Maksimalkan Pencarian Korban Tenggelamnya KM Yuiee Jaya II di Selayar

  • Bagikan
Anggota Komisi V DPR RI Hamka B Kady.

JAKARTA, RAKYATSULSEL – Anggota Komisi V DPR RI Hamka B Kady menyoroti pencarian korban tenggelamnya Kapal Motor (KM) Yuiee Jaya II di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel) oleh Basarnas.

Hamka menilai bahwa pencarian kapal tenggelam tersebut masih belum maksimal karena hanya menggunakan satu Rigid Inflatable Boat (RIB). Hal tersebut disinggungnya saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Basarnas dan BMKG di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (14/3/2024).

“Ada kapal nelayan tenggelam baru 12 orang yang ditemukan selamat di Kepulauan Selayar, sedangkan RIB di Selayar itu hanya satu buah saja. Padahal di situ laut bebas,” tegas Hamka.

Legislator asal Sulsel tersebut meminta kepada Basarnas agar membicarakan kebutuhan yang diperlukan kepada Komisi V untuk persiapan Minimum Essential Force (MEF).

“Basarnas berapa lagi RIB yang akan dibeli untuk persiapan Minimum Essential Forcenya. Apa yang belum bisa tercapai mari kita bicarakan agar maksimal dalam melakukan pembelian alat,” katanya.

“Apa yang harus dilakukan? Basarnas diminta untuk menggunakan teknologi tinggi?” sambungnya.

Sebelumnya, Basarnas Kota Maksasar, mengerahkan Kapal Negara (KN) SAR Kamajaya 104 untuk mencari korban tenggelamnya KM Yuiee Jaya II yang mengangkut 21 anak buah kapal (ABK).

"Ada sekitar 49 orang tim dari Basarnas terdiri dari ABK Kapal dan Tim Rescuer dan dipimpin langsung oleh Kepala Operasi dan Siaga Basarnas Makasar yang kami terjunkan langsung melakukan pencarian," tutur Kepala Kantor Basarnas Makassar, Mexianus Bekabel di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, Kamis (14/3/2024).

"Jadi nanti Tim tambahan akan memulai pencarian besok pagi dengan area pencarian di sebelah timur pulau Selayar menggunakan RIB KN Sar Kamajaya 104 dengan fokus mengikuti prediksi sebaran aplikasi SARMap," lanjut Mexianus.

Sebelumnya, KM Yuiee Jaya 2 dilaporkan tenggelam setelah beberapa ABK-nya ditemukan terdampar di Jampea, Kepulauan Selayar Senin (11/3/2024) dan menyampaikan bahwa Kapal mereka dengan 35 orang POB terbalik dan tenggelam setelah dihantam badai, Sabtu (9/3/2024) dini hari, sekitar 52 nautikalmil dari Pelabuhan Benteng Selayar. (*)

  • Bagikan