Safari Ramadan di Lapas dan Rutan Makassar, Ini Arahan PK Ahli Utama Ditjen Pemasyarakatan

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pembimbing Kemasyarakatan Ahli Utama Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Imam Suyudi melakukan kunjungan dalam rangka Safari Ramadhan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Makassar (Lapas Makassar) dan Rumah Tahanan Negara Kelas I Makassar (Rutan Makassar), Jumat (15/4).

"Kunjungan ini dalam rangka melakukan monitoring dan pemantauan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi Pemasyarakatan dan dalam upaya pencegahan potensi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban Pemasyarakatan
selama bulan suci Ramadhan 1445 H/ 2024 M pada Rutan Makassar dan Lapas Makassar," Ungkap Imam dalam arahannya.

Imam dalam kunjungan ini menekankan kepada seluruh jajaran baik di Rutan maupun Lapas Makassar untuk senantiasa bekerja sesuai dengan SOP dan Regulasi yang telah diatur dalam UU Pemasyarakatan (UU Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan).

"Seluruh jajaran pemasyarakat untuk memahami Fungsi Pemasyarakatan yang meliputi Pelayanan, Pembinaan, Pembimbingan Kemasyarakatan, Perawatan, Pengamanan serta Pengamatan," Ungkap Imam

Lebih lanjut, Imam menyampaikan harapannya agar pelaksanaan kegiatan apapun harus dilaksanakan dengan jujur, disiplin, memiliki pribadi yang baik, kepemimpinan yang baik, bekerja lebih keras lagi sesuai bidang masing-masing, fokus dan saling koordinasi pada bidang masing-masing, serta melakukan publikasi terkait inovasi atau gagasan yang baik pada bidangnya masing-masing.

"Waspadai adanya pelarian dalam kunjungan menjelang dan pada saat idul fitri dengan menerapkan deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, berperan aktif dalam pemberantasan narkoba. Bangun sinergi dengan Aparat Penegak Hukum," Ujar Imam dalam arahannya.

Dalam kesempatan ini, PK Ahli Utama Ditjen Pemasyarakatan memimpin apel pagi di Rutan Makassar dan pada Lapas Makassar melakukan pengecekan pada Klinik untuk memastikan adanya tenaga kesehatan, Obat-obatan yang tersedia.

Imam juga memantau kegiatan Pembinaan Kerohanian di Masjid Nurul Kman dan Memantau Pembinaan Kemandirian Barbershop pada Rutan Makassar serta melakukan breefing pada petugas Lapas Makassar.

Pada kunjungan ini, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulsel, Yudi Suseno turut hadir meninjau dan memantau pelaksanaan kegiatan petugas dan WBP di Lapas dan Rutan Makassar.

Yudi mengapresiasi kesiapan petugas baik di Lapas maupun di Rutan Makassar selama bulan Ramadhan. "Lakukan antisipasi dan pencegahan sejak dini sehingga tidak terjadi gangguan Keamanan dan Ketertiban," Ujarnya.

Sementara itu, dalam keterangan terpisah, Kepala Kantor Wilayah, Liberti Sitinjak menegaskan kepada jajarannya terutama kepada para Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan untuk tidak meninggalkan tempat selama bulan ramadhan hingga hari raya Idul Fitri.

Pada kunjungan ini, turut hadir menyambut Kepala Lapas Makassar Teguh Pamuji dan Kepala Rutan Makassar Jayadikusumah, Kabid Pelayanan Tahanan Kanwil Kemenkumham Sulsel Rahnianto bersama jajaran. (***)

  • Bagikan