Usai Pemilu, Paripurna Perdana DPRD Sulsel Hanya Dihadiri 42 Legislator

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sulawesi Selatan menggelar rapat paripurna pembukaan masa persidangan tahun sidang 2024 di ruangan paripurna, Senin (18/3/2024).

Agenda paripurna yakni persetujuan bersama antara Gubernur dan DPRD terhadap ranperda tentang Ranperda Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Ranperda tentang Pemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Kecil, Ranperda Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, dan Ranperda tentang Pelaksanaan Jasa Konstruksi.

Rapat paripurna pembukaan kali ini, digelar usai pelaksanaan pemilu atau Pileg 2024. Adapun yang hadir dua pimpinan DPRD Sulsel, Ketua DPRD Andi Ina Kartika Sari, dan Wakil Ketua DPRD Sulsel, Muzayyin Arief. Serta dari Pemprov dihadir oleh Penjabat Gubernur Bahtiar Bahruddin, bersama jajaran OPD.

Dua pimpinan DPRD tidak hadir dalam paripurna ini, mereka adalah Syaharuddin Alrif dan Darmawangsyah Muin. Sedangkan anggota DPRD dari 85 hanya dihadiri 42 orang, sesuai absensi di meja depan ruangan sidang.

Ketua DPRD Sulsel Andi Ina menyampaikan rasa syukur karena di tahap akhir terkait empat ranperda ini, sudah dibahas pansus dan pakar akademisi serta disetujui Kemendagri.

Dia berharap empat Ranperda ini menjadi bagian terpenting memenuhi produk daerah secara formil agar dijalankan.

"Alhamdulillah kita bertemu pada kesempatan ini agenda persetujuan 4 Ranperda. Atas kehadiran semua pihak kami sampaikan terima kasih," kata Andi Ina.

Politisi Golkar itu mengatakan sesuai catatan kehadiran anggota DPRD sudah memenuhi kuota forum (kuorum) Sidang Paripurna yang dinyatakan sah.

"Catatan ada memenuhi kuorum fraksi. Anggota Dewan memenuhi untuk dilanjutkan," jelasnya. (Suryadi/B)

  • Bagikan