Mengenal Makna Istilah Ngabuburit, Begini Sejarahnya!

  • Bagikan
Masyarakat yang ngabuburit sambil mencari takjil berbuka puasa.

RAKYATSULSEL - Jelang waktu buka puasa Ramadan, kita seringkali melakukan aktivitas untuk mengalihkan rasa lapar dan haus dengan menghabiskan waktu sambil menunggu adzan maghrib.

Kata ngabuburit sangat cocok mendefinisikan kegiatan yang dilakukan pada sore hari untuk menunggu waktu berbuka puasa Ramadan. Aktivitas yang sering dilakukan seperti jalan-jalan, bermain game, atau menonton film.

Kegiatan ngabuburit saat puasa Ramadan begitu populer khususnya di Indonesia. Namun apa arti sebenarnya dari istilah ngabuburit ini yang sering diucapkan banyak orang.

Fakta menarik dari istilah ini berasal dari Bahasa Sunda yang merujuk pada kata kerja yaitu melakukan kegiatan untuk mengisi waktu seraya menyongsong tibanya sore hari.

Hawe Setiawan sebagai Ketua Lembaga Budaya Sunda (LBS) di Universitas Pasundan (Unpas) menjelaskan, kata burit artinya waktu sore atau senja menjelang azan maghrib.

"Istilah ngabuburit kan itu artinya jalan-jalan menyongsong sore waktu buka, melakukan kegiatan yang bermanfaat, berfaedah" ucap Hawe pada video YouTube UnpasTalk Spesial Ramadan 4.

Awalnya kegiatan ngabuburit masyarakat hanyalah jalan-jalan sore menghabiskan waktu menunggu buka puasa. Tapi saat ini sudah banyak kegiatan yang dapat dilakukan, seperti menonton video Instagram, TikTok atau YouTube, bermain video games, dan lain-lain.

  • Bagikan