5 Soft Skill Ini Bisa Bikin Kamu Dapat Promosi di Tempat Kerja

  • Bagikan
Ilustrasi Soft Skill yang Harus Dikuasai

RAKYATSULSEL - Soft skill merupakan keterampilan psiko-sosial yang membantu menumbuhkan etos kerja progresif dan pertumbuhan dalam karier Anda.

Keterampilan ini merupakan kompetensi penting yang meningkatkan keberhasilan di tempat kerja dan menumbuhkan budaya kerja positif. Penelitian menyimpulkan penguasaan soft skill sangat dibutuhkan dalam lapangan pekerjaan.

Soft skill yang dibutuhkan meliputi keterampilan kepemimpinan (leadership skill), keterampilan komunikasi (communication skill), adaptasi, dan kreativitas, dikutip dari Times of India, Jumat (22/3).

Berikut lima soft skill yang dapat membantu Anda mendapatkan promosi di tempat kerja:

  1. Keterampilan Memecahkan Masalah

Keterampilan pemecahan masalah (problem solving skill) sangat penting dalam mencapai posisi kepemimpinan dan manajerial. Tanpa pola pikir yang berorientasi pada solusi, hampir sulit mengelola tim dalam sebuah organisasi.

Dari menemukan solusi hingga masalah terkait pekerjaan yang kompleks hingga melaksanakannya dalam jangka waktu tertentu, keterampilan ini membantu Anda mengembangkan kompetensi inti untuk lingkungan kerja yang menantang namun dinamis.

  1. Kerja Tim dan Kolaborasi

Partisipasi aktif dalam tim menciptakan lingkungan kerja progresif. Berkolaborasi dengan rekan kerja di berbagai proyek menentukan kehadiran, komitmen, dan keterlibatan Anda tepat waktu di tempat kerja. Ini salah satu soft skill penting yang dapat meningkatkan jenjang karier.

  1. Fleksibilitas dan Pola Pikir Belajar

Kemampuan beradaptasi dan pola pikir berkembang adalah dua kualitas penting yang harus ditanamkan oleh setiap profesional sebagai bagian dari etika kerja mereka.

Pola pikir fleksibel memungkinkan Anda menjadi profesional yang termotivasi dan tertarik mempelajari kemajuan terkini dan keahlian menghasilkan produktivitas maksimum.
Posisi kepemimpinan sebagian besar ditawarkan kepada para profesional yang menunjukkan minat dalam pembelajaran dan kemajuan berkelanjutan.

  1. Ketahanan di Tempat Kerja

Ketahanan di tempat kerja menjadi soft skill penting yang kini diajarkan dalam sesi pelatihan perusahaan secara global.

Jam kerja, kondisi kerja, tekanan kerja, peran pekerjaan yang dinamis, keserbagunaan, dan keseimbangan kehidupan kerja dapat mempersulit individu dalam menghadapi lingkungan kerja yang menantang.

Sikap tangguh dalam menghadapi tantangan dan sikap positif dapat membantu mencapai target. Sikap pantang menyerah dan pola pikir positif membekali Anda untuk menerima perubahan di tempat kerja.

  1. Keterampilan Kepemimpinan

Keterampilan kepemimpinan (leadership skill) menjadi kunci bakat yang dapat membantu Anda mencapai promosi dengan cepat.

Mendemonstrasikan keterampilan ini memerlukan kemampuan untuk mendelegasikan tugas, menangani banyak proyek, menginspirasi dan memotivasi dengan memimpin lewat memberi contoh, keterampilan memecahkan masalah, dan kemampuan serbaguna.

Keterampilan mengambil keputusan dan menyelesaikan konflik meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan promosi di tempat kerja .(jp/raksul)

  • Bagikan