10 Inspektorat Pemda di Sulsel Perlu Ditingkatkan

  • Bagikan
Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulsel, Mohammad Risbiyanto dan Koordinator Pengawasan Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah, Muh Asaf memberikan keterangan kepada awak media, Senin (25/3/2024).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulsel membeberkan saat ini masih terdapat 10 Aparat Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Pemda di Sulsel masih perlu untuk ditingkatkan kapabilitasnya.

Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulsel, Mohammad Risbiyanto menyampaikan pihaknya tentu melakukan koordinasi kepada masing-masing APIP di Sulsel.

“Ini kerja berat kita juga untuk mendorong APIP itu untuk naik ke level tiga sehingga pengawasannya lebih bermanfaat,” ujarnya, Senin (25/3/2024).

Kata dia, level kapabilitas APIP atau Inspektorat pada masing- masing pemda diupayakan dapat naik level menjadi level III, sebab hal itu menjadi penunjang efisiensi dalam pengawasan.

Ia menjelaskan, pada tingkatan tersebut APIP sudah mampu bekerja secara organisasi dalam hal melakukan pemeriksaan secara kolektif. Sebab, jika untuk level tiga ke bawah itu masih berpatokan pada individu dari apip tersebut.

“Kalau masih ada di level satu secara sistem belum bisa menemukan kelemahan pada Pemda, mungkin ada orang yang menemukan tapi itu masih terletak pada individu, belum bisa secara organisasi, kalau orangnya tidak ada tidak bisa jalan,” jelasnya.

Sementara itu, Koordinator Pengawasan Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah, Muh Asaf mengatakan peningkatan kemampuan dan kapabilitas APIP juga meninjau unsur yang berpengaruh terhadap kapabilitasnya.

Kata dia, untuk praktik profesional sumber daya manusia yang berkualitas, kuantitas, kapasitas dan kompetensi.

“Kalau di Sulsel dari 25 jumlah Pemda, masih ada 10 Pemda yang belum sampai pada level 3,” bebernya. (Abu/B)

  • Bagikan