Kepribadian Sanguinis? Yuk, Kenali 6 Sifat Utama Pemilik Kepribadian Ini!

  • Bagikan
Ilustrasi Pemuda dengan Kepribadian Sanguinis

RAKYATSULSEL - Ada banyak jenis kepribadian manusia. Setiap kepriadian itu memiliki keunikan. Kepribadian merupakan dinamika sebuah organisasi psikofisik fungsional manusia yang berubah menjadi pola-pola tingkah laku yang spesifik dalam menghadapi kehidupan.

Adapun faktor-faktor yang mendukung terbentuknya kepribadian seseorang, yaitu unsur-unsur badan dan juga jiwa manusia serta lingkungannya.

Berdasarkan dikutip dari The Four Temperaments, ada empat jenis kepribadian manusia. Yaitu, sanguinis, melankolis, plegmatis, dan koleris. Sanguinis merupakan kepribadian yang lebih optimis, energik dan terbuka terhadap orang lain dibandingkan dengan ketiga kepribadian lainnya.

Sanguinis

Sanguinis merupakan salah satu dari empat tipe kepribadian yang dibedakan berdasarkan watak dan perilaku. Dibandingkan dengan tiga kepribadian lainnya, seorang sanguinis dikenal sebagai pribadi yang ceria, menyenangkan, optimistis, dan penuh dengan energi.

Orang sanguinis juga selalu kreatif dan ramah dengan orang lain. Mereka juga menyukai tantangan dan yang memicu adrenalin.

Ciri-Ciri Orang dengan Tipe Kepribadian Sanguinis

Di antara tiga tipe kepribadian lainnya, sanguinis biasanya menjadi yang paling mudah dikenali. Pasalnya mereka selalu terlihat paling 'berisik' dibandingkan tipe lainnya.

Untuk lebih mengenal orang dengan tipe kepribadian sanguinis, berikut ciri-cirinya.

  1. Cepat Memaafkan
    Orang dengan tipe kepribadian ini sangat cepat memaafkan. Selain itu, mereka tidak suka memikirkan apa yang terjadi di masa lalu.
  2. Senang Bersosialisasi
    Ciri-ciri sanguinis yang kedua adalah senang bersosialisasi. Ciri-ciri ini juga merupakan contoh dari seseorang ekstrovert.
  3. Optimis
    Orang yang memiliki karakter sanguinis adalah orang yang optimistis. Mereka lebih suka melihat sisi terang kehidupan, dan mereka suka menjalani hidup sepenuhnya.
  4. Jiwa Berpetualang
    Orang dengan karakter sanguinis adalah seorang petualang sejati. Mereka selalu diselimuti rasa penasaran dan keinginan untuk mencoba hal-hal baru yang belum pernah dilakukan.
  5. Ekspresif
    Karena sanguinis memiliki keterbukaan, maka tak heran jika mereka sangat ekspresif ketika mengekspresikan perasaannya. Hal ini terjadi ketika mereka marah, sedih, dan frustasi.
  6. Humoris
    Mereka yang memiliki kepribadian sanguinis punya selera humor yang baik. Mereka suka tertawa lepas, tersenyum, bahkan mereka juga bisa menertawakan diri sendiri meskipun sedang dilanda masalah.

Kelebihan Orang dengan Karakter Sanguinis

Setiap kepribadian tentu memiliki kelebihannya masing-masing. Bagi seseorang sanguinis ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan dari karakternya.

Orang-orang bertipe kepribadian sanguinis biasanya mudah bergaul dan memiliki banyak teman. Kelebihan tersebut tentu tidak lepas dari rasa percaya diri yang tinggi pada diri mereka.

Selain mudah bergaul, seorang sanguinis juga lebih optimistis akan banyak hal. Bahkan dalam kondisi yang buruk sekalipun, mereka akan tetap berupaya untuk berpikir positif.

Beruntung bagi seseorang yang memiliki kepribadian sanguinis karena dapat dengan mudah mengungkapkan perasaan. Pasalnya memendam perasaan, terutama energi negatif, justru bisa merugikan kesehatan mental.

Kekurangan Orang dengan Kepribadian Sanguinis

Di sisi lain seorang sanguinis juga memiliki beberapa kekurangan yang terkadang merugikan dirinya sendiri. Orang sanguinis tidak menyukai rutinitas.

Ia juga merupakan pribadi yang fleksibel sehingga sulit untuk berkomitmen. Namun, keinginan untuk selalu jadi pusat perhatian selalu membuat dirinya gemar mendramatisasi cerita. (jp/raksul)

  • Bagikan