Pj Wali Kota Parepare Ajak Kadis dan Pengusaha ke IKN

  • Bagikan

-Paham IKN, Roda Perekonomian Parepare Dapat Didongkrak

PAREPARE, RAKYATSULSEL - Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare, Akbar Ali akan mengajak seluruh Kepala Dinas (kadis) untuk ikut bersama meninjau lokasi Ibu Kota Negara (IKN) yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur.

Rencananya, keberangkatan Pj Wali Kota Parepare bersama Kadis akan dilakukan, 2 Mei mendatang. “Kami akan naik kapal laut bersama,” ungkap Akbar, sapaan karib Kepala Pusat Strategi Kebijakan Politik Hukum dan Pemerintahan Dalam Negeri BSKDN Kemendagri ini.

Akbar menekankan, tujuan mengikutsertakan para Kadis dalam kunjungan ke IKN untuk memotret perkembangan dan kondisi terkini Ibu Kota Negara tersebut.

Selain itu, juga untuk mencermati hal-hal apa saja yang dapat diadopsi, dipelajari, serta dilakukan oleh Pemerintah Kota Parepare dengan kehadiran IKN untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat Parepare.

“Posisi geografis Parepare dengan IKN sangat strategis dengan dukungan pelabuhan yang sangat memadai, tentu menjadikan Sulsel, khususnya Parepare menjadi pusat bongkar muat kebutuhan akan sandang, pangan dan papan ke IKN jadi tentu sangat berdampak pada perekonomian Parepare,” ungkap dia.

Oleh karena itu lanjut Akbar, pemahaman tentang IKN termasuk lokasi, sosial budaya masyarakat, dan keberadaannya wajib diketahui oleh seluruh Kadis sebagai pemangku kebijakan dengan melihat langsung lokasi IKN.

“Saya pernah tanya kepada Kadis-kadis ada yang pernah ke IKN? mereka menjawab tidak. Bagaimana mau paham, bagaimana mau menggerakkan roda perekonomian Parepare dengan keberadaan IKN jika mereka tidak pernah ke sana?,” detail Akbar, menjelaskan.

“Apalagi kalau sudah ada peti kemas. Parepare akan menjadi daya tarik tersendiri bagi daerah lain dan pemilik modal untuk menanamkan investasi dalam mendukung aktifitas perdagangan dan perekonomian antar wilayah," jelas Akbar Ali.

Selain Kadis, Akbar juga akan mengajak para Pengusaha untuk ikut memptret perkembangan lokasi IKN. “Kita ajak juga Pengusaha agar kita sama-sama bersinergi dalam menggerakkan roda perekonomian Parepare dengan kehadiran IKN,” imbuh pria berdarah Bugis ini.

Kehadiran Pj Wali Kota Parepare bersama Kadis dan Pengusaha di IKN juga untuk melakukan pertemuan dengan pemerintah kota di Kalimantan Timur.

“Tujuannya untuk menjalin kerja sama dalam menggerakkan potensi perekonomian masing-masing daerah Parepare, Samarinda, Balikpapan, Bontang,” urai dia.

Akbar juga mengungkapkan, kehadiran di IKn juga akan dimanfaatkan untuk melakukan pertemuan dengan warga Parepare yang tinggal di Kalimantan Timur.

“Kita berharap pertemuan dengan warga Parepare di Kaltim untuk mendapatkan masukan tentang penguatan peningkatan roda perekonomian Patepare serta mengajak pengusaha Bugis-Makassar yang ada di sana untuk ikut berinvestasi di Kota Parepare,” tandasnya. (*)

  • Bagikan