Kemenag Sulsel Sampaikan Rencana Perjalanan Haji 2024 Embarkasi Makassar, Berikut Jadwalnya

  • Bagikan
Ilustrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulsel, melalui Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Ikbal Ismail telah menyampaikan Rencana Perjalanan Haji (RPH) untuk tahun 1445 H/2024 M. Dokumen penting ini ditandatangani oleh Dirjen PHU Kemenag RI, Hilman Latief.

Lanjut dia, RPH tahun ini mengatur seluruh aspek perjalanan haji, termasuk jadwal keberangkatan, prosesi ibadah, hingga kepulangan para jemaah haji Indonesia.

"Menurut rencana, Indonesia akan mengirimkan 241.000 jemaah haji yang akan dibagi ke dalam dua gelombang keberangkatan," jelas Kabid PHU Sulsel, Kamis, 18 April 2024.

Khusus Jemaah Haji di Provinsi Sulawesi Selatan berjumlah 7.813 orang dan untuk Embarkasi Makassar yang berasal dari 8 Provinsi di Indonesia Timur (Sulsel, Sulbar, Sultra, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat) sebanyak 16.364 orang, yang terbagi dalam 38 Kelompok Terbang (Kloter).

Sementara petugas Haji Kloter di Embarkasi Makassar sebanyak 190 orang dimana terdiri dari 5 orang Petugas tiap Kloter (Ketua Kloter, 1 orang Pembimbing Ibadah, 1 Orang Dokter Kloter dan 2 Orang Perawat)

"Jemaah haji Indonesia akan memulai perjalanan suci mereka pada Ahad, 12 Mei 2024. Sehari sebelum berangkat, semua jemaah akan berkumpul di asrama haji untuk persiapan akhir," sambungnya.

  • Bagikan