Wujudkan Cita-cita Inisiator PSBM

  • Bagikan
Inisiator Pertemuan Saudagar Bugis Makassar

MAKASSAR, RAKYATSULSEL — Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) sudah yang ke-24 kalinya dilaksanakan. Di tilik dari sejarahnya. Ada tiga sosok di baliknya. Tiga tokoh yang memprakarsai PSBM adalah Pendiri Fajar Grup HM Alwi Hamu; Pendiri Bosowa Corp Aksa Mahmud, dan mantan Wapres RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (JK).

PSBM digagas saat mereka menjadi pengurus Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Provinsi Sulsel. Jusuf Kalla sebagai ketua, sementara Aksa Mahmud dan Alwi Hamu masing-masing menjabat wakil ketua. Mereka bertiga melihat orang Bugis di rantuan sudah banyak yang sukses, namun kadang tidak saling kenal.

Dari pertemuan itu, mereka bersepakat agar PSBM yang akan pertama kali dihelat, diresmikan oleh Jenderal Jusuf. Mantan Panglima TNI yang juga pernah menjabat beberapa posisi menteri dari era Soekarno hingga Soeharto.

Jenderal Jusuf diminta meresmikan karena dia adalah orang Bone, Beddu Amang menyarankan agar JK yang menemuinya. JK pun menyambangi Jenderal Jusuf. Dalam pertemuan itu, Mantan Menteri Pertahanan itu tidak langsung setuju. Pasalnya, apa yang ditawarkan JK dan kawan-kawan dinilai akan mengotak-ngotakkan.

Pada PSBM 2024, sudah ada 1.000 saudagar Bugis Makassar menyatakan siap hadir.Acara tahunan ini bakal dilaksanakan di Hotel Four Points by Sheraton Makassar, 20- 21 April 2024. Tema yang diusung adalah ‘Peran Saudagar Bugis-Makassar Membangun Spirit Perekonomian Nasional’.

Ketua Panitia PSBM XXIV Agus Salim Rabang, menjelaskan persiapan menuju event ini terbilang cukup singkat. Namun, komitmen para saudagar dan perantau Sulsel yang ingin memberi dampak bagi daerahnya memiliki animo yang tinggi. Sehingga, persiapan pun dapat menjadi lebih mudah.

Ia mengungkapkan, para inisiator lahirnya PSBM ini memberi masukan untuk melihat peluang bisnis di Sulsel yang dapat dikembangkan.

  • Bagikan