Berikut Jadwal dan Tahapan Perekrutan Panwascam di Tana Toraja

  • Bagikan
Suasana tahapan evaluasi Panwascam yang dilakukan Bawaslu Tator

TANA TORAJA, RAKYATSULSEL - Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 sementara berjalan, proses rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sementara dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten/kota. Sementara untuk rekrutmen Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) juga sementara berjalan dengan menggunakan dua metode.

Kabupaten Tana Toraja (Tator) misalya, saat ini sedang menunggu hasil konsultasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tator dengan Bawaslu propinsi untuk hasil evaluasi panwaslu yakni peserta Panwascam existing yang telah dilakukan sejak 23 April lalu. 

Menurut ketua Bawaslu Tator, Elis Mangesa saat dikonfirmasi RAKYATSULSEL via WA menjelaskan bahwa untuk perekrutan calon panwascam pada pilkada, Bawaslu menggunakan 2 metode yakni evaluasi kinerja existing sementara berjalan dan yang kedua, sistim rekrutmen baru, dimana setelah hasil existing keluar maka Bawaslu akan membuka rekrutmen baru untuk kecamatan yang Panwaslu masih kurang karena dievaluasi.

Dijelaskan Elis bahwa saat pihaknya menunggu hasil konsultasi dengan Bawaslu propinsi untuk hasil evaluasi Panwascam yang telah mengikuti tahapan evaluasi existing yang telah dilakukan sejak 23 April, dan hasil akan diumumkan pada 1 sampai 2 Mei mendatang. 

Lebih lanjut dijelaskan bahwa untuk pengumuman rekrutmen baru akan diumumkan tanggal 3-4 Mei, kemudian 5-7 Mei penerimaan, penelitian dan verifikasi berkas, selanjutnya tanggal 8 Mei pengumuman perpanjangan pendaftaran untuk kecamatan yang masih kurang pendaftarnya, selanjutnya penerimaan, penelitian dan verifikasi berkas dan 12 Mei pengumuman hasil penerimaan berkas administrasi. 

"Setelah pengumuman verifikasi berkas akan dilanjutkan dengan penerimaan tanggapan masyarakat pada 12-17 Mei, kemudian tanggal 13-14 Mei test tertulis, setelah itu rekap hasil test tertulis, pleno penentuan hasil test tertulis, selanjutnya test wawancara, setelah itu rekap hasil wawancara kemudian pleno penetapan hasil test wawancara, setelah itu pengumuman Panwaslu terpilih dan 24-25 Mei pelantikan yang dirangkaikan dengan pembinaan," beber Elis, Senin, 29 April 2024.

Ditambahkan Elis bahwa untuk Tana Toraja kebutuhan Panwascam adalah 57 orang, karena terdiri dari 19 kecamatan dan masing-masing kecamatan dibutuhkan 3 orang panwascam. (Cherly)

  • Bagikan