Berhasil Tekan Kecelakaan Lalu Lintas Secara Kolaboratif, Kapolri Beri Penghargaan Dirlantas Polda Sulsel

  • Bagikan
Penyerahan penghargaan Kapolri kepada Dirlantas Polda Sulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL -- Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memberikan penghargaan kepada tiga Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda jajaran. Salah satunya adalah Dirlantas Polda Sulawesi Selatan (Sulsel), Kombes Pol I Made Agus Prasatya.

Penghargaan ini diberikan merupakan apresiasi Kapolri terhadap kinerja Ditlantas Polda jajaran terbaik. Ini merupakan penghargaan prestisius bagi Ditlantas dan merupakan akumulasi dari semua capaian program-program yang digariskan Korlantas Polri.

Penghargaan yang diserahkan Kapolri bersamaan dengan rapat kerja teknis (Rakernis) Korlantas Polri di hotel Alana Yogyakarta yang berlangsung tanggal 12-14 Juni 2024, berupa penghargaan upaya menekan kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) secara kolaboratif.

Kombes Pol I Made Agus Prasatya mengaku bangga menerima langsung penghargaan dari Kapolri. Ia juga bangga bisa memberikan yang terbaik untuk masyarakat, khususnya layanan publik di lingkungan Ditlantas Polda Sulsel.

Dalam kesempatan ini, Made Agus juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh perwira dan anggota Ditlantas Polda Sulsel yang selama ini turut membantu dalam memberikan layanan publik yang maksimal ke masyarakat.

"Melalui penghargaan Kapolri yang kami terima ini, semoga bisa menambah semangat dan memotivasi kami, bersama seluruh anggota memberikan yang terbaik ke masyarakat dalam menjalankan tugas sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat," ujar Made Agus.

Kombes Made Agus tidak lupa pula mengucapkan terima kasih kepada mitra atau stakeholder terkait dan masyarakat Sulsel yang telah bekerja sama dan mendukung kinerja Polri, khususnya Ditlantas Polda Sulsel.

"Untuk menekan lakalantas dan mengatasi kemacetan akibat pengerjaan proyek pelebaran jalan Kappang Poros Maros-Bone, atas atensi Kapolda Sulsel, Irjen Pol Andi Rian R Djajadi, kami juga berkolaborasi dengan stakeholder membentuk Satgas, baik preemtif, preventif maupun represif", ujar Made Agus

Mengacu pada Commander Wish Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan, Ditlantas Polda Sulsel telah melakukan sejumlah inovasi layanan publik di wilayah Polda Sulsel yang menonjol saat ini, di antaranya pengembangan ETLE atau tilang elektronik, baik itu yang statis maupun ETLE Mobile Handheld dan ETLE Mobile on Board yang telah menjangkau seluruh Polres jajaran. Dampaknya, ketaatan, ketertiban berlalu lintas meningkat, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas turun drastis.

Inovasi yang tak kalah penting lainnya adalah mewujudkan layanan terpadu antar stakeholder berupa kolaborasi tiga pilar, antara Ditlantas Polda Sulsel, Pemerinah Daerah Provinsi Sulsel, dan Jasa Raharja dalam mengimplementasikan layanan, berupa aplikasi SiKacer.

Made Agus mengatakan, dengan adanya SiKacer ini adalah merupakan langkah strategis untuk meningkatkan layanan publik dan efisiensi administrasi kendaraan.Tujuan utama dari kolaborasi antar lembaga ini adalah untuk mempercepat proses registrasi kendaraan, meningkatkan keselamatan berkendara, dan mendukung peningkatan Pendapatan Asli Daerah atau PAD.

"Dengan diluncurkannya aplikasi SiKacer diharapkan menjadi solusi terpadu bagi masyarakat Sulsel dalam registrasi kendaraan dan menciptakan lingkungan Kamseltibcarlantas yang lebih baik di jalan raya", harap Made Agus. (Isak/B)

  • Bagikan