Hari Jadi Bhayangkara Ke 78, Bawaslu Maros Harap Kolaborasi dengan Kepolisian Semakin Solid

  • Bagikan
Ketua Bawaslu Maros Sufirman

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Memperingati Hari Jadi Bhayangkara ke-78, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Maros mengungkapkan harapannya agar kolaborasi antara Bawaslu dan Kepolisian semakin solid.

Ketua Bawaslu Maros, Sufirman menekankan pentingnya kerja sama yang baik antara lembaga pengawas pemilu dan kepolisian untuk mewujudkan Pemilu / Pemilihan yang adil dan damai di Kabupaten Maros.

"Selamat hari jadi Bhayangkara ke - 78, kami berharap dapat meningkatkan sinergitas, kolaborasi dalam menjaga integritas dan keamanan terutama jelang pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024," ujarnya, Senin (1/7/2024).

Menurutnya, Polri berperan penting dalam menjaga netralitas kelembagaannya dengan memelihara, menjaga, dan mewujudkan profesionalitas dan proporsionalitas. Lalu, lanjutnya, jajaran Polri juga memberikan perlindungan, pengamanan, pengayoman dan pelayanan kepada penyelenggara, peserta pemilu dan masyarakat.

“Kemandirian dan profesionalitas Institusi Polri dalam pemilu menjadi suatu hal yang mutlak diperlukan. Menjaga dan merawatnya dalam setiap pelaksanaan tahapan pemilu ke depan, menjadi harapan kita bersama," terangnya.

Selain itu, dalam upaya pencegahan dan penindakan pelanggaran pada proses Pemilu dan Pemilihan kata Sufirman, kepolisian telah berkontribusi aktif melalui sentra penegakan hukum terpadu (Gakkumdu) yang bertugas menangani setiap dugaan pelanggaran pidana.

Di sisi pencegahan, kolaborasi yang efektif antara Bawaslu dan Polri telah terbukti membantu dalam mengidentifikasi dan menangani berbagai potensi pelanggaran pemilu.

“Bawaslu bersama kepolisian dan kejaksaan tergabung dalam sentra Gakkumdu yang memiliki tugas untuk menangani setiap dugaan pelanggaran pidana. Tentu saja keberadaan kepolisian dan kejaksaan ini sangat penting,” ungkapnya.

"Untuk konteks pencegahan, kepolisian juga berpartisipasi aktif memberikan analisa kerawanan dalam Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) yang dirilis Bawaslu di setiap ajang pemilihan umum," tutur Sufirman.

"Kami mengapresiasi dukungan penuh dari Kepolisian dalam setiap tahapan pemilu. Dengan kerja sama yang lebih erat, kami yakin dapat menciptakan pemilu di Kabupaten Maros yang lebih bersih dan adil bagi semua pihak," pungkasnya. (Fahrullah/B)

  • Bagikan