Pilwalkot Makassar 2024: Rahman Bando Klaim Amankan 6 Kursi dari Partai KIM

  • Bagikan
Bakal Calon Wali Kota Makassar, Rahman Bando

Terpisah, Pengamat Politik Unibos, Arief Wicaksono, mengatakan bahwa saat ini figur Rahman Bando masih perlu diperhitungkan dalam kancah politik Pilwali Makassar 2024.

"Kalau kita mau objektif, yang paling jelas konsep pembangunannya adalah Pak Rahman Bando, dengan taglinenya Gerbang Makassar, yaitu Gerakan Bersama Membangun Makassar," ujar Arief Wicaksono.

Menurut Arief Wicaksono, konsep Gerbang Makassar ala Rahman Bando bukanlah branding personal seperti kandidat lain yang menonjolkan sisi kepribadiannya.

"Secara psikoanalisis, konsep yang cenderung personal akan dinilai lebih mementingkan aspek diri sendiri ketimbang kolektivitas," sebutnya.

Arief menilai, konsep pembangunan Gerbang Makassar bisa jadi dicetuskan Rahman Bando karena latar belakangnya sebagai birokrat Pemkot Makassar.

"Apalagi Rahman Bando juga pernah ikut Pilkada 2020. Jika dilihat, ARB tidak begitu mementingkan kepentingan personal, jadi dibuat konsep pembangunan yang ditawarkan kepada masyarakat secara terstruktur," jelasnya.

  • Bagikan