Tokoh Masyarakat Toraja Juluki Andi Sudirman Bapak Pembangunan Sulsel

  • Bagikan
Andi Sudirman Sulaiman.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Komitmen pembangunan berkelanjutan yang digelorakan bakal calon gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mendapat banyak respons positif dari para tokoh masyarakat.

Salah satunya tokoh masyarakat asal Kabupaten Toraja, Nico Palinggi. Pensiunan PNS ini bahkan rela datang jauh-jauh ke acara deklarasi Andi Sudirman - Fatmawati di Kota Makassar, Kamis 29 Agustus kemarin.

Nico tampil nyentrik nengenakan pakaian adat khas Toraja. Kehadirannya sebagai bentuk dukungan kepada Andi Sudirman Sulaiman dan Fatmawati Rusdi dalam Pilgub Sulsel 2024.

Ada pula, momen Nico Palinggi yang bertemu Andi Sudirman dan sekaligus sempat berbincang. Mereka pun juga terlihat mengabadikan momen berfoto bersama.

Bukan tanpa dasar, kedekatan Andi Sudirman dengan tokoh masyarakat Toraja. Melihat sejumlah pembangunan nyata di Toraja yang dilakukan Andi Sudirman semasa menjabat.

Baik infrastruktur jalan dan jembatan, mendorong kawasan wisata, kepedulian dan bantuan sosial, serta perhatian lainnya di Toraja.

Wajar saja jika Andalan sapaannya itu disebut 'Bapak Pembangunan Sulsel'. Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong mengakui hal ini.

"Pak Sudirman selama menjabat sebagai Gubernur Sulsel, baik saat plt maupun setelah definitif memberi perhatian penuh bagi pembangunan di Toraja Utara," katanya.

Dukungan pembagunan bukan hanya melalui APBD Provinsi langsung, juga mensupport melalui pemberian bantuan keuangan Provinsi ke Kabupaten/Kota.

"Setiap tahun minimal Rp20 M bantuan keuangan diberikan untuk pembangunan jalan dan jembatan," ungkapnya.

Salah satunya, kata dia, Jembatan Malango yang diresmikan oleh Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh. Menurutnya, hal itu menjadi bukti nyata kepedulian Andi Sudirman untuk pembangunan di Toraja. Apalagi, jembatan itu menjadi keluhan dari masyarakat.

"Bantuan pengembangan pariwisata dan komoditas unggulan serta pemberdayaan UMKM selalu menjadi perhatian beliau. Di Toraja Utara, organisasi sosial dan keagamaan tidak luput dari perhatian beliau," pungkasnya.

Pemuda asal Toraja, Kalfin Alloto'dang mengakui, bahwa Andi Sudirman Sulaiman telah memperlihatkan pembangunan nyata semasa memimpin Sulsel.

"Selama kepemimpinan beliau perhatian dan pembangunan disana beberapa yang meningkat seperti peningkatan jalan dan peningkatan jembatan," ungkap Kalfin.

Ketua Umum Cabang Olahraga Taekwondo Sulsel ini mengakui, bahwa dirinya mendukung keberlanjutan pembangunan Sulsel di bawah kepemimpinan Andi Sudirman bersama Fatmawati (Andalan - Hati).

"Harapan kami semoga kedepan apabila beliau terpilih kembali dapat lebih meningkatkan dan mendukung pembangunan infrastruktur, sumber daya manusia, kesehatan, pariwisata, fasilitas pendidikan beserta sarana prasarananya terutama yang swasta banyak yang juga membutuhkan perhatian serta bantuan dari pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan," kata Koordinator Ekonomi Digital Pemuda Toraja Indonesia Wilayah Sulsel ini.

Menurut Kalfin, Andi Sudirman merupakan salah satu pemimpin muda yang patut menjadi inspirasi bagi anak muda yang lain.

"Di usia muda, beliau sudah mampu menjadi pemimpin daerah berskala Provinsi dan dapat mengakomodir berbagai kepentingan masyarakat umum," bebernya. (*)

  • Bagikan