Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel Beri Pembekalan Pangan Industri Rumah Tangga Kepada 150 UMKM di Makassar 

  • Bagikan
Pembekalan UMKM Pangan Industri Rumah Tangga (IRT), yang digelar Dinas Koperasi dan Usaha Menegah Kecil Micro (UMKM) Provinsi Sulsel, di Hotel W Three Premier Makassar, Senin (30/5/2022).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dinas Koperasi dan Usaha Menengah Kecil Micro (UMKM) Provinsi Sulsel menggelar Pembekalan UMKM Pangan Industri Rumah Tangga (IRT) di Hotel W Three Premier Makassar, Senin (30/5/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri sebanyak 150 UMKM dari Kota Makassar. Pembekalan digelar untuk memberikan pemahaman kepada para UMKM tentang tata cara dan prosedur mendapatkan sertifikat pangan industri rumah tangga.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel, Abdul Malik Faisal mengungkapkan pembekalan yang diberikan berupa uji laboratorium produk Pangan Industri Rumah Tangga (IRT) UMKM.

Dimana, kata dia, Sulawesi Selatan merupakan daerah yang memiliki banyak produk makanan dan minuman atau produk kuliner yang cukup bersaing baik dari segi rasa maupun kualitas bahan.

Sehingga, Pangan olahan ataupun olahan siap saji diharuskan untuk diuji klinis secara laboratorium sebagai persyaratan penetapan keamanan pangan.

"Mengingat banyaknya produk makanan dan minuman dibuat para pelaku umkm dan belum memiliki sertifikat IRT maka dinkop sulsel tahunanggaran 2022 memprogramkan untuk memberikan pembekalan bagi UMKM yaitu uji laboratorium produk IRT UMKM," ungkapnya.

Lanjut, Dirinya menyebut kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk komitmen dari Pemprov Sulsel dalam hal ini Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel sebagai upaya pengembangan UMKM khususnya produk makanan dan minuman skala industri rumah tangga.

"Tahun 2022 kami atas perintah pak Gubernur akan terus mencoba meningkatkan kualitas UMKM kita, baik kelembangaaan nya maupun dari produknya," ujarnya.

Para peserta pembekalan akan diberikan materi seperti kebijakan pemberdayaan dan perkembangan UMKM di Sulsel.  Pentingnya kemananan pangan bagi pangan olahan industri rumah tangga. Cara produksi pangan yang baik dan benar serta prosedur uji laboratorium produk pangan industri rumah tangga dan  Prosedur tata cara sertifikasi industri rumah tangga. Yang akan dibawakan oleh pemateri dari Dinas Kesehatan Kota Makassar, BPOM, PMPTSP Makassar, Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar dan Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel.

"Saya sangat berharap bahwa seluruh peserta betul-betul bisa mengikuti kegiatan nanti materi-materi yang diberikan oleh narasumber," pungkasnya. (Sas)

  • Bagikan