PJU Pangkep Ganti Lampu Jalan Poros Kalibone – Pangkajene, Lebih Terang dan Hemat Energi

  • Bagikan
Petugas JPU melakukan penggantian lampu di Poros Makassar - Pare, Kalibone - Pangkajene, penggantian lampu ini diklaim lebih terang dan hemat energi.

PANGKEP, RAKYATSULSEL - Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kabupaten Pangkep diperbaharui. Pergantian lampu PJU diklaim lebih hemat energi dan ramah lingkungan.

Ini disampaikan, Kepala Bidang Kawasan Permukiman Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Pemerintah Kabupaten Pangkep, Andi Muzakkir. Dia menjelaskan bahwa, pergantian ratusan buah lampu untuk PJU itu merupakan bantuan Coorporate Social Responsibility (CSR) dari Bank Sulselbar.

"Ini kami pasang di poros jalan Makassar-Pare dari pertama masuk wilayah Pangkep hingga ke kota. Terdapat 134 buah lampu jenis Light Emitting Diode (LED) yang dipasang, jadi kami pastikan ini lebih hemat energi dan ramah lingkungan dalam penggunannya," jelas Andi Musakkir, Senin (08/08).

Ia menjelaskan ada beberapa manfaat dari beralihnya penggunaan lampu pada PJU di poros jalan tersebut. Salah satunya pengguna jalan akan lebih nyaman melintas saat malam hari, lantaran poros jalan akan lebih terang, sehingga dapat mencegah terjadinya kecelakaan.

"Manfaatnya ke masyarakat untuk keselamatan pengguna jalan khususnya di jalan poros pangkep yaitu di Kalibone sampai Kota pangkajene, jadi kita ganti juga yang jenis lampu non LED semua jadi LED, begitu juga yang rusak semuanya diganti," jelasnya.

Senada dengan itu, Kadis Perumahan, Permukiman dan Pertanahan, Sunandar menyebut, bantuan jenis lampu LED akan lebih mengurangi pemakaian listrik sesuai yang dianjurkan.

"Sehingga kita juga lebih hemat dalam pemanfaatan tetapi hasilnya lebih terang. Kita maskimalkan PJU di poros jalan salah satunya untuk mencegah terjadinya laka lantas apabila kondisi jalan gelap," bebernya. (Atho)

  • Bagikan