KPU Sulsel Segera Launching Tahapan Pilgub 2024 Pekan Ini

  • Bagikan
IST

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah resmi meluncurkan tahapan Pilkada serentak 2024, dalam acara yang digelar di Candi Prambanan, DI Yogyakarta, pada Minggu (31/3/2024) malam.

Usai peluncuran secara nasional tersebut, KPU Sulsel pun langsung bersiap untuk meluncurkan tahapan Pilkada di tingkat Provinsi dalam waktu dekat.

"Dengan peluncuran tahapan Pilkada serentak oleh KPU RI, kami di Sulsel akan segera meluncurkan tahapan Pilkada di tingkat Provinsi, termasuk peluncuran tahapan Pilgub Sulsel," ujar Ketua KPU Sulsel, Hasbullah, Senin (1/4/2024).

Hasbullah menekankan pentingnya rapat koordinasi dan persiapan yang baik untuk menghadapi tahapan Pilkada yang akan berlangsung pada November mendatang.

"Kami berharap agar KPU di daerah dapat bekerja sama secara kolektif dan kolegial dalam persiapan Pilkada. Tahapannya beririsan dengan Pemilu 2024 yang sedang berlangsung di MK," katanya.

Dia juga menekankan pentingnya profesionalisme dan integritas dari para komisioner KPU dan jajarannya dalam menjalankan tahapan Pilkada.

"Kami berharap agar semua tahapan dapat dilewati dengan baik, sambil tetap menjaga profesionalisme dan integritas," tambahnya.

Sementara Anggota KPU Sulsel, Romy Harminto, menjelaskan bahwa tahapan pertama Pilkada adalah pemutakhiran data pemilih, yang saat ini sedang dipersiapkan.

"Kami telah meminta KPU kabupaten/kota untuk memutakhirkan daftar pemilih khusus (DPK) sebagai langkah awal dalam tahapan Pilkada," katanya.

Setelah pemutakhiran data, langkah selanjutnya adalah pencocokan dan penelitian (coklit) sebelum daftar pemilih tetap (DPT) dapat ditetapkan untuk Pilkada 2024.

"Proses ini sedang berlangsung, dan kami berupaya agar semua tahapan dapat berjalan lancar dan sesuai jadwal," tutupnya. (Yadi/B)

  • Bagikan