Pesta Rakyat Semarakkan HUT ke-77 RI, Tampilkan Produk Unggulan

  • Bagikan
Pameran Pesta Rakyat di Desa Mattiro Baji, Pangkep

PANGKEP, RAKYATSULSEL - Puncak HUT RI ke-77 Tahun di kabupaten Pangkep tidak hanya diperingati dengan pengibaran bendera namun pemerintah ikut menghadirkan pesta rakyat, makan gratis dan pameran produk unggulan, di lapangan alun-alun Citra Mas, Rabu(17/8).

Pesta rakyat yang menghadirkan puluhan stand dari OPD, pemerintahan desa dan kelurahan yang menyediakan makanan gratis untuk tamu dan masyarakat umum ini, sukses menarik perhatian masyarakat.

Menariknya, dari puluhan stand yang hadir di pesta rakyat tersebut, terdapat satu stand yang hadir dengan produk UMKM unggulan desanya yakni Cao.

"Kita pamerkan ini cao karena ini salah satu produk unggulan kami di desa, apalagi boleh dibilang Cao ini juga hampir punah," ujar Sekertaris Pemerintah Desa Mattiro Baji, Natsir.

Meski jadi produk unggulan namun Cao yang dipamerkan di stand milik pemdes Mattiro Baji, kecamatan Liukang Tupabbiring utara ini masih butuh dikemas dengan baik untuk menarik minat konsumen.

"Memang Cao kita dari dulu kalau bukan dikemas dengan daun pisang, disimpan di dalam botol, mungkin pemerintah kabupaten bisa memikirkan bagaimana membantu kami mengemas produk ini," tambahnya.

Ditambahkannya, dari belasan botol yang didatangkan dari pulau, nyaris tidak tersisa diboyong tamu stand pameran, mengingat cao ini adalah salah satu penganan khas yang bisa menambah selera makan.

Diketahui Cao merupakan salah satu makanan pendamping khas Sulawesi Selatan yang hampir punah. Makanan tradisional ini dihasilkan dari proses fermentasi dengan berbagai bahan yang disimpan di dalam botol, ataupun daun pisang, biasanya bahan yang digunakan pada sajian ini ialah ikan atau udang yang telah difermentasi menggunakan ragi.

  • Bagikan