Dari 12 Indikator Keluarga Sehat, Berhenti Merokok Diakui Paling Sulit Diintervensi

  • Bagikan
Sekda Luwu Utara, Armiady

MASAMBA, RAKYATSULSEL - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia mengungkapkan ada 12 indikator yang perlu mendapat perhatian untuk mencapai keluarga yang sehat.

12 Indikator Keluarga Sehat menurut Kemenkes adalah Keluarga mengikuti program KB, Ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan dan Bayi mendapat imunisasi lengkap.

Selanjutnya Bayi mendapat ASI eksklusif, Balita mendapat pemantauan pertumbuhan serta Penderita TB paru-paru mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan standar.

Berikutnya, Penderita hipertensi melakukan pengobatan teratur, Penderita gangguan jiwa mendapat pengobatan dan tidak ditelantarkan, Anggota keluarga tidak merokok.

Kemudian terakhir, Keluarga sudah menjadi anggota JKN, Keluarga mempunyai akses air bersih serta Keluarga mempunyai akses atau menggunakan jamban keluarga.

12 indikator ini menjadi bahasan pada pertemuan Koordinasi Terintegrasi Lintas Program dan Lintas Sektor Tingkat Kabupaten/Puskesmas, Senin (5/9), di Hotel Bukit Indah, Masamba.

Kegiatan pertemuan Koordinasi Terintegrasi Lintas Program dan Lintas Sektor Tingkat Kabupaten dan Puskesmas ini dibuka Sekretaris Daerah Luwu Utara, Ir. H. Armiadi, M.Si.

Dalam sambutannya, Sekda Armiadi mengungkapkan, dari 12 indikator keluarga sehat, indikator ke-9, anggota keluarga tidak ada yang merokok, diakui paling sulit diintervensi.

  • Bagikan