Selama F8 Digelar, Dinkes Makassar Siagakan Puluhan Nakes dan Ambulance di 4 Titik

  • Bagikan
Posko Kesehatan yang disiapkan Dinkes Makassar di pagelaran F8

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dalam rangka gelaran Makassar International Eight Festival & Forum 2022 (F8) yang dilaksanakan di Anjungan Pantai Losari tanggal 7-11 September 2022.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar akan menyiapkan puluhan tenaga kesehatan (nakes) dan 4 unit ambulance di 4 titik berbeda.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Makassar Drg Andri Anwar M.Kes mengatakan, nakes yang disiapkan dari berbagai Puskesmas di Kota Makassar.

"Ada puluhan nakes kami siapkan seperti P3K itu kami siapkan 4 orang, vaksinansi sekitar 6 orang, Genose itu kami siapkan 3 orang untuk setiap posko, jadi ada puluhan nakes kami turunkan nantinya," tutur Andri anwar

"Jadi kami semua siapkan karena ini salah satu event terbesar yang ada di Kota Makassar jadi kami harus siap dari segala hal, mulai dari personel, bahan, dan lainnya yang betul-betul diperlukan dalam kegiatan F8 tersebut," tambahnya

Ambulance juga disiapkan disetiap zona yang ditempati, terlebih ketika ada yang mebutuhkan rujukan, akan disiapkan rumah sakit terdekat untuk ditangani langsung di tempat

"Tentu kami menyiapkan ambulance, begitupula kalau ada yang butuh rujukan, karena kita tangani di tempat, maka rumah sakit yang ada disekitar seperti RS Siloam, dan RS Stella Maris itu wajib jadi tempat rujukan," ungkap Andri Anwar.

Ditempatkan di Empat Posko

Puluhan nakes tersebut nantinya disiapkan di 4 posko berbeda dan mengikuti zona yang disiapkan oleh penyelenggara F8

Tak hanya itu nakes yang dihadirkan ada dari Tim P3K, Genose, dan EKG untuk mengatisipasi apabila ada yang perlu ditangani secara medis.

"Zona 1 pintu awal itu kami siapkan 2 tim P3K, 2 orang untuk vaksinasi, dan 1 orang genose. Zona 2 dan 3 itu kami juga siapkan tim P3K tapi bedanya kami tempatkan disitu tim EKG, karena pak walikota menginginkan ada tim EKG disana, jangan sampai ada kejadian ada yang serangan jantung atau tiba-tiab pinsan dan gejalan lainnya. Makanya kami siapkan EKG juga disana," ujarn Andri Anwar

"Zona 4 pintu keluar juga disiapkan P3K, jadi dengan muda tim untuk dapat memantau apabila ada yang perlu ditangani secara medis," tutupnya. (*)

  • Bagikan