Peringati Hari Aksi Bersih Se-Dunia, WCD Tator Kumpulkan 614 Kg Sampah

  • Bagikan

TANA TORAJA, RAKYATSULSEL - Dalam rangka memperingati World Cleanup Day (WCD) atau hari aksi bersih se-dunia, tim WCD kabupaten Tana Toraja (Tator) yang telah bergabung sejak tahun 2019 lalu dan untuk tahun 2022 ini berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 614 kg yang dilaksanakana di Plaza Kolam Makale. 

Kegiatan WCD ini didukung oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, dan memberikan menghimbau agar semua lapisan masyarakat agar aktif melaksanakannya di daerah masing-masing.

Menurut Leader WCD Tator, Febe Tolan kepada media, mengatakan bahwa sampah yang terkumpul 614 kg dikumpulkan oleh 22 kelompok masyarakat di Tator yang mengumpulkan sampahnya di Plaza Kolam Makale, dari masyarakat sekitar, kantor-kantor, sekolah-sekolah,  dan juga Kelompok Pecinta Alam.

Dijelaskan Febe bahwa kegiatan tahun ini hampir sama dengan kegiatan tahun lalu. Dimana memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana memilah sampah. Baik itu sampah ekonomis dan berharap Tator bisa memiliki bank sampah. 

Ditambahkan Febe bahwa WCD Tator mendapat 2.600 bibit dari BPTH Makassar, dan 150 bibit dari PT. Malea sebagai alat tukar sampah, dan ratusan voucher potongan harga dari beberapa usaha mikro di sekitar Kota Makale.

Sementara itu, kepala dinas Kebersihan Lingkungan Tator, Nirus Nikolas S.  mengatakan bahwa  program WCD perlu didukung bersama mengingat Toraja merupakan salah satu tujuan wisatawan, maka dari itu lingkungan kita harus bersih dan sehat.

Dijelaskan Nirus bahwa kegiatan WCD di Tator berjalan sejak 10 hingga 25 September namun puncaknya adalah pada 17 September pekan kemarin dimana berbagai bentuk kegiatan, baik itu edukasi ke sekolah-sekolah atau aksi memilah sampah anorganik dan mengolah sampah organik yang telah dilakukan. (Cherly).

Keterangan gambar : 

Aksi kumpul sampah dalam rangka WCD di Tator.

  • Bagikan