Gelar Operasi Zebra 2022, Sat Lantas Polres Tator Kedepankan Edukasi dan Persuasif

  • Bagikan
Kasat Lantas Tator bersama masyarakat usai melakukan penyuluhan di pasar Makale.

TANA TORAJA, RAKYATSULSEL - Kegiatan Operasi Zebra 2022 yang dilakukan yang digelar secara serentak di Indonesia sejak 3 Oktober dan akan terus berlangsung sampai 16 Oktober mendatang. Seperti yang dilakukan satuan lantas Polres Tana Toraja (Tator), dan telah berjalan sejak, Senin, 3 Oktober 2022 lalu.

Menurut Kasat Lantas Polres Tator, IPTU Adnan Leppang kepada media, Rabu, 5 Oktober 2022 usai melaksanakan operasi zebra disejumlah titik di kota Makale kabupaten Tana Toraja, bahwa lantas Tator dalam melakukan operasi lebih mengutamakan edukatif dan persuasif dan didukung tindakan secara teguran terhadap pelanggar serta penyampaian untuk tetap menerapkan prokes covid 19

Dikatakan Adnan bahwa satlantas Tator dibagi dalam beberapa satuan tugas (satgas), dimana untuk satgas I yang bertugas menyasar pasar tempat giat masyarakat dan juga di SMA Negeri 2 Makale, tepatnya di pasar Makale, Kecamatan Makale, yang bertugas untuk bersosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat dan anak sekolah tentang berbagai hal menyangkut lalu lintas agar masyarakat paham dan mematuhi aturan lalu lintas.

Sementara untuk satgas II (dua) preventif yang bertugas melaksanakan penertiban dengan tindakan menyebarkan brosur dan stiker serta melaksanakan penegakan hukum dengan melaksanakan peneguran terhadap pelanggar yang melintas.

Ditambahkan Adnan bahwa pada hari ketiga pelaksanaan operasi zebra lantas Polres Tator menemukan pelanggaran pengendara yang tidak menggunakan helm SNI sebanyak 6 (enam) pelanggaran, pengemudi melawan arus sebanyak 4 (empat) pelanggaran, dan pengemudi dan penumpang tidak menggunakan safety belt sebanyak 10 (sepuluh) pelanggaran. Sementara untuk pelanggaran pengendara dibawah umur, berboncengan lebih dari satu, berkendara dibawah pengaruh alkohol dan
berkendara sambil menggukan HP itu nihil.

Dirinya berharap kepada masyarakat agar selalu mematuhi aturan berlalulintas, dan menjadi pelopor keselamatan berlalulintas. (A)

  • Bagikan