Ajak Farel Prayoga Mengaji Padahal Non Muslim, Begini Klarifikasi Gus Miftah

  • Bagikan

RAKYATSULSEL - Penceramah kondang, Miftah Maulana Habiburrahman atau Gus Miftah mengklarifikasi sejumlah tudingan yang menyebut dirinya ingin mengintervensi agama dari penyanyi cilik Farel Prayoga.

Seperti diketahui, Gus Miftah mengisi pengajian di Banyuangi, Jawa Timur belum lama ini. Farel Prayoga ikut dihadirkan olah panitia dalam acara tersebut sebagai bintang tamu.

Saat itu Farel Prayoga menyanyikan lagu religi Islam tentang salawat. Usai membawakan lagu salawat, Gus Miftah kemudian menanyakan Farel terkait mengaji. Dia menanyakan Farel sudah sampai di juz berapa.

"Farel, koe wes ngaji urung Le? (Farel, kamu sudah ngaji belum Le?) Sudah juz berapa kamu ngaji?" ujar Miftah dalam video yang beredar.

Farel kemudian mengaku tidak bisa mengaji. Gus Miftah lalu bilang Farel sudah terkenal, jadi harusnya tahu mengaji.

"Oh mboten ngaji (tidak ngaji)? Lah kok ora ngaji itu piye? (Lah, kok tidak ngaji itu gimana?) Kamu sekarang sudah terkenal, sudah mulai punya uang, Abah doakan besok kamu jadi artis top internasional, amin. Tapi yo ngaji Bro, masa ora ngaji," kata Gus Miftah.

Rupanya Gus Miftah tidak mengetahui jika Farel adalah non muslim. Salah seorang panitia kemudian sampaikan ke Gus Miftah bahwa Farel non muslim.

Mengetahui Farel non muslim, Gus Miftah lalu mengajak Farel untuk ta'at kepada ajaran agamanya.

Atas kejadian itu, Gus Miftah dituding mengintervensi agama Farel Prayoga. Melalui media sosial, Gus Miftah kemudian membantah tuduhan itu.

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, memang benar saya kemarin ada pengajian di Banyuwangi dengan bintang tamu Farel Prayoga. Atas dugaan saya intervensi agama Farel, Anda salah," kata Gus Miftah dilansir akun Instagram resminya.

"Jadi karena acaranya pengajian, saya bertanya kepada Farel, 'Farel kamu bisa ngaji apa nggak?'" sambungnya.

Gus Miftah mengatakan, dia kaget ketika ada informasi dari panitia bahwa Fare Prayoga adalah non muslim.

"Ternyata setelah Farel nyanyi ada informasi dari panitia, bahwa Farel non Islam. Nah saya kaget, karena tahu non Islam, dan saya bertanya sebelumnya, 'Apakah dia bisa ngaji atau tidak?' makanya saya minta maaf, 'Oh sorry ternyata kamu bukan Islam,'" jelas Gus Miftah.

"Saya sampaikan ke Farel, 'Farel apapun agamamu tolong yang taat, taatlah terhadap agamamu, jadi hamba yang taat. Kamu sudah terkenal, maka kamu harus banyak berterima kasih dan bersyukur pada Tuhan.' Jadi kejadian seperti itu, bukan saya intervensi agamanya Farel," tegas Gus Miftah.(Fin/Mg1)

  • Bagikan