Target ODF 100 Persen, DPU Makassar Bangun 250 Septik Tank

  • Bagikan
Pembangunan Septik Tank

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dalam rangka mencapai target Kota Makassar Bebas Buang Air Besar Sembarangan atau Open Defecation Free (ODF) 100 persen Dinas Pekerjaan Umum, (DPU) melakukan pembangunan Septik Tank di Lima kelurahan.

Open Defecation Free (ODF) 100 persen atau bebas buang air besar sembarang merupakan salah satu langkah untuk membawa Makassar menuju kota yang sehat.

Sebanyak 250 buah septik tank individual dibangun di 5 kelurahan yaitu, Kelurahan Bara-baraya Selatan, Kelurahan Layang, Kelurahan Pattingalloang, Kelurahan Gusung, dan Kelurahan Cambaya.

Kepala UPT Pengelolaan Air Limbah Dinas Pekerjaan Umum, Hamka Darwis menyampaikan, dalam rangka menuju Kota Sehat, pihaknya terus berupaya memberikan solusi nyata dalam bentuk pembangunan infrastuktur tangki septik individual.

"Tahun ini kita membangun 250 titik di 5 Kelurahan yang ada di Wilayah Kota Makassar," ungkapnya, Selasa (11/10/2022).

Ia membeberkan, dana yang digunakan dalam proses pembangunan septik tank bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Hibah Air Limbah Setempat (HALS) dan semuanya bersumber dari Dana APBN.

Waktu pelaksanaan Lanjut Hamka Darwis, dimulai pada bulan Juli hingga Desember 2022 dengan kerja sama Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) bersama Dinas PU sebagai Pemantau dan pengawas pekerjaan.

"Kami berharap, KSM dapat melaksanakan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu sesuai perencanaan yang ada sehingga warga pengguna proyek ini dapat benar-benar merasakan manfaatnya," tutupnya. (A)

  • Bagikan