Komitmen Atasi Inflasi dan Krisis Global, Pemkab Soppeng Launching Gerakan Sejuta Pohon Bibit Cabe Varietas Tampaning

  • Bagikan

SOPPENG, RAKYATSULSEL - Pemerintah Kab. Soppeng menunjukkan bukti serius dan komitmen yang kongkrit menindaklanjuti Instruksi Presiden, Arahan Menteri Dalam Negeri dan Gubernur Sul-Sel untuk mengantisipasi dampak inflasi dan krisis global dengan melakukan Launching Gerakan Sejuta Pohon Bibit Cabe Tampaning di Hark Cafe Malaka, Sabtu, 19 Nopember 2022.

Acara ini bertujuan untuk merangsang masyarakat untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga dan memperkokoh benteng pertahanan pangan kita apabila gejolak inflasi dan krisis melanda.

Sinergitas TNI Polri, Kejaksaaan, Pemerintah Daerah dan Stakeholder lainnya sangat diharapkan dalam mensukseskan kegiatan ini.

Dalam sambutannya Bupati Soppeng, Kaswadi Razak mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan ini.

"Sejuta cabe yang kita launching harus real dan nyata dilapangan bahkan harus lebih dari angka sejuta bukan hanya data dan angka diatas kertas," imbuhnya.

Bibit Cabe Varietas Tampaning ini merupakan kearipan lokal kita yang mesti kita lestarikan karena mempunyai kelebihan dan keistimewaan dengan varietas lain.

Varietas Tampaning ini, lanjutnya, tahan terhadap penyakit dan mampu berproduksi sampai 4 tahun serta mempunyai kualitas buah yang tahan lama sehingga digemari oleh pedagang untuk diekspor.

"Bagi para ASN serta lapisan masyarakat untuk menanam dan memelihara bibit ini setelah kami distribusikan. Tolong dihargai pengorbanan bagi ribuan petani dan penyuluh pertanian yang sudah berupaya menumbuhkan bibit ini. Jangan sampai pengorbanan mereka sia-sia bahkan apabila kami dapatkan ada pejabat atau ASN yang tidak menanam, bahkan sengaja menyepelekan bibit ini, kami akan memberi sanksi yang berat," tegas Kaswadi.

Disamping cabe varietas tampaning juga telah dilakukan pengembangan komoditi bawang merah dan shorgum sebagai pangan pokok alternatif apabila terjadi kelangkaan pangan.

Pada kesempatan tersebut dilakukan penyerahan bibit cabe tampaning secara simbolis kepada perwakilan Kepala SKPD, Camat, Kepala Desa, Guru dan Petani yang didampingi oleh Wakil Bupati Soppeng, Ketua DPRD dan Forkopimda.

Kolaborasi ini diharapkan dapat mendorong perputaran ekonomi kerakyatan dan memberikan nilai tambah bagi masyarakat.

Kegiatan tersebut juga diwarnai dengan Pelepasan perdana Cabe Bibit Tampaning ke sekolah-sekolah dan lahan masyarakat yang ditandai pengibaran bendera start Bupati Soppeng. (*)

  • Bagikan