Kolaborasi IKOM dan HI Sukses Gelar Kuliah Umum, Bahas Wawasan Diplomasi bagi Mahasiswa

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Program Studi Ilmu Komunikasi (Ikom) dan Hubungan Internasional (HI) bekerja sama dengan dalam menggelar kuliah umum dengan mengusung tema "Pengembangan Wawasan Diplomasi bagi Mahasiswa" yang berlangsung di Gedung Rektorat UIN Alauddin Makassar, Rabu (23/11/2022).

Kegiatan ini menghadirkan Kepala Badan Strategi Kebijakan Luar Negeri Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Dr. Yayan Ganda Hayat Mulyana selaku narasumber pada kegiatan kuliah umum ini.

Selain itu, Rektor Prof H Hamdan Juhannis, M.A., Ph. D. turut hadir untuk membuka acara sebagai tanda dimulainya kegiatan kuliah umum secara resmi.

"Modal utama untuk berdiplomasi adalah kita harus mampu berdialog, berkomunikasi dan menjalin hubungan yang setara," ujar Rektor UINAM, Prof Hamdan Juhannis, dalam sambutannya.

Kuliah umum ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman atau MoU antara Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar dengan Badan Strategi Kebijakan Luar Negeri Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.

Pada kesempatan ini, Kepala Badan Strategi Kebijakan Luar Negeri Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Dr. Yayan Ganda Hayat Mulyana dalam pemaparannya membeberkan tujuan yang ingin dicapai dalam diplomasi ini.

"Salah satu yang ingin dicapai dalam diplomasi yaitu membangun kepercayaan antara sesama, membangun soft skill dalam bahasa dan perilaku yang mana kedepannya mahasiswalah yang akan menjadi diplomat yang membanggakan Indonesia dan setidaknya dapat bekerja di luar negeri," Dr Yayan. (*)

Citizen Reporter: Nurul Wahidah

  • Bagikan