IPPS Bersama Mahkamah Agung Sukses Gelar Seminar Nasional

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Ikatan Penggiat Peradilan Semu (IPPS) Fakultas Syariah dan Hukum sukses gelar Seminar Nasional bersama Mahkamah Agung RI yang berlangsung di Auditorium kampus II UIN Alauddin Makassar, Kamis (01/12/2022).

Kegiatan yang bertema "Peran Mahkamah Agung RI Dalam Penegakan Fair Trial di Indonesia" ini menghadirkan narasumber Hakim Agung Kamar Agama Mahkamah Agung RI dan Ketua umum pengurus pusat Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI), YM. Dr. H. Yasaraddin, S. H., M. Hum. Seminar ini digelar dalam rangka memperingati Milad I.P.P.S ke 12.

Dalam seminar nasional tersebut, M. Ikbal selaku ketua panitia menuturkan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini untuk mengetahui bagaimana peran Mahkamah Agung dalam penegakan fair trial di Indonesia mengingat banyaknya prasangka negatif terhadap penegak hukum dan juga munculnya stigma-stigma yang mengatakan bahwa hukum bisa dibeli atau hukum hanya berpihak pada yang orang-orang beruang.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Umum I.P.P.S yang mengatakan bahwa garda terdepan dalam penegakan hukum di Indonesia adalah Mahkamah Agung sehingga untuk mewujudkan peradilan bersih dan berimbang maka dibutuhkan aparat penegak hukum yang memiliki integritas dan kapabilitas untuk menegakkan hukum dan keadilan.

Sementara Dr. Muammar Muhammad Bakry, Lc, M.Ag selaku Dekan Fakultas Syariah dan Hukum menuturkan harapannya agar referensi yang akan di sampaikan oleh Mahkamah Agung dapat memberikan wawasan baru betapa keadilan itu sesuatu yang menjadi hak asasi manusia karena keadilan adalah sikap dari seseorang yang sangat dibutuhkan.

Sambutan terakhir sekaligus membuka seminar nasional oleh Prof.Dr. Darussalam, M.Ag selaku wakil rektor III UIN Alauddin Makassar. Dalam sambutannya beliau menuturkan harapannya agar semoga dengan dilaksanakannya seminar nasional hari ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa mengenai hukum menjadi lebih berkembang.

Citizen Reporter: Nurul Wahidah

  • Bagikan