Balitbangda Siap Gelar Refleksi Akhir Tahun: Tingkat Kepuasan Masyarakat ke OPD Bakal Diumumkan

  • Bagikan
Kepala Balitbangda Kota Makassar Andi Bukti Djufrie Beri Penjelasan ke Awak Media, Jumat (9/12). (A/Abu)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kota Makassar siap menggelar Refleksi Akhir Tahun 2022. Rencananya, kegiatan ini bakal menggandeng Lembaga Survei Independen, Celebes Research Center (CRC).

Kepala Balitbangda Kota Makassar, Andi Bukti Djufrie mengatakan, salah satu yang akan dibahas mengenai tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan dan kinerja seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Kita kerja sama dengan CRC mensurvei seluruh untuk kepala OPD dalam rangka survei kepuasan masyarakat jadi mereka akan kita survei," ujar Andi Bukti Djufrie.

Dimana, sambung Andi Bukti--sapaan akrabnya, hasil survei akan diumumkan ke publik. Agenda Refleksi Akhir Tahun dilaksanakan pada 22 Desember 2022 mendatang. Selain SKPD, lembaga survei juga mengukur kinerja camat dan lurah. Termasuk, jajaran Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Makassar.

"Kita akan umumkan nanti pada saat refleksi akhir tahun termasuk kinerja dari pada seluruh SKPD lewat hasil survei yang dilakukan CRC dan itu akan diserahkan ke Walikota untuk evaluasi," tukasnya.

"Itu dapat bisa menjadi indikator untuk rotasi, dan itu hak progratif pak wali kota yang jelas kita sebagai Balitbangda punya tugas untuk melaksanakan refleksi akhir tahun," sambungnya.

Andi Bukti menambahkan, pihaknya juga menggandeng peneliti dari berbagai kampus di Makassar. Ini untuk mengukur sejauh mana tingkat kepuasaan masyarakat terhadap berbagai inovasi dan program pemerintahan.

Instansi yang dianggap memiliki kinerja memuaskan akan diberikan piagam dan penghargaan. Kemudian dana pembinaan agar menyempurnakan inovasi yang dibuat.

"Jadi juara 1 sampai harapan 3. Itu hasilnya akan di serahkan ke bapak wali kota untuk di umumkan di refleksi tahun kemudian kita berikan penghargaan, disampaikan penghargaan sertifikat ada juga untuk para inovator," tutupnya. (Abu Hamzah/Raksul/B)

  • Bagikan