Perempuan dalam Demo Peringatan Hari Anti Korupsi 2022 di Makassar

  • Bagikan
Peserta Aksi Peringatan Hari Anti Korupsi Cindy Kritik Pemerintah Lewat Tulisan di Spanduk Aksi. (A/Isak)

Mereka adalah merupakan mahasiswa dari Universitas Hasanuddin Makassar yang tergabung dalam sebuah organisasi Garda Tipikor Unhas.

Ketua Umum Garda Tipikor Unhas, Dohir menjelaskan bahwa apa yang menjadi isu pokoknya dalam peringatan hari Anti Korupsi se-Dunia yang jatuh pada hari ini 9 Desember 2022 tidak terlepas dari beberapa isu kasus korupsi yang ditangani baik pada tingkat KPK, Kejaksaan, maupun Kepolisian.

"Poko isu kami terkait beberapa isu kasus korupsi, terutama pemberantasan korupsi akhir-akhir ini. Mulai dari vonis ringan, pemberian remisi kepada koruptor, serta pengembalian kerugian aset negara oleh terpidana korupsi yang kami nilai masih belum maksimal," ujar Dohir.

Dalam aksinya, Garda Tipikor Unhas juga sempat melakukan teatrikal sebagai simbol atas sikap para penegak hukum menangani kasus korupsi. Khususnya pada vonis yang selama ini didapatkan para pelaku korupsi masih jauh dari harapan dan tak memberikan efek jerah sama sekali.

"Vonis itu harus lebih ditekan. Karena, kejahatan korupsi merupakan kejahatan sistematis dan meluas. Tentu banyak korban yang dirugikan. Terutama masyarakat itu sendiri," pungkasnya. (Isak Pasabuan/Raksul/B)

  • Bagikan