Fakta Babinsa Koramil 1407-11 Barebbo Menyatu Dengan Rakyat

  • Bagikan
Tampak Babinsa Koramil 1407-11 Barebbo, Kopral Satu (Koptu) Ismail Marzuki turut serta berpartisipasi dan berbaur di tengah-tengah masyarakat Kelurahan Apala dan Desa Corawali Kecamatan Barebbo.

BONE, RAKYATSULSEL - Bintara Pembina Desa (Babinsa) TNI AD adalah Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat yang merupakan unsur pelaksanaan Koramil TNI AD yang bertugas melaksanakan pembinaan teritorial di wilayah pedesaan/kelurahan.

Ternyata hal tersebut dipegang teguh oleh para Babinsa, khususnya para Babinsa Koramil 1407-11 Barebbo. Hal itu terbukti di setiap kegiatan masyarakat selalu dihadiri Babinsa.

Seperti pada kerja bakti irigasi pertanian, salah seorang Babinsa Koramil 1407-11 Barebbo, Kopral Satu (Koptu) Ismail Marzuki turut serta berpartisipasi dan berbaur di tengah-tengah masyarakat Kelurahan Apala dan Desa Corawali Kecamatan Barebbo.

"Ini salah satu tugas dan kewajiban kami sebagai personel TNI AD, khususnya sebagai Babinsa. Selama kami mengetahui ada kegiatan masyarakat apalagi yang namanya kerja bakti maka wajib hukumnya kami para Babinsa Koramil 1407-11 Barebbo ikut berpartisipasi atau terlibat secara langsung," ujar Kopka Ismail.

Sementara itu, secara terpisah Danramil 1407-11 Barebbo, Kapten Cba Eko Ermawanto menjelaskan bahwa tugas pokok Babinsa adalah memimpin perlawanan rakyat di pedesaan/kelurahan, memberikan penyuluhan bela negara dan penyuluhan pembangunan masyarakat desa/kelurahan di bidang Pertahanan dan Keamanan Negara (Hamkaneg) serta melakukan pengawasan fasilitas/prasarana Hankam di pedesaan/kelurahan.

Lanjutnya, di era reformasi sekarang ini, kemampuan Babinsa sangat menentukan keberhasilan Binter sehingga di dalam melaksanakan tugasnya Babinsa selalu berkoordinasi dengan aparat terkait di Desa/Kelurahan seperti tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda agar tidak terjadi kegagalan-kegagalan dalam melaksanakan tugasnya.

"Di dalam pelaksanaan tugas sehari-hari Babinsa sering disibukkan dengan berbagai macam masalah yang menyangkut sosial (kemasyarakatan)," jelas Kapten Cba Eko Ermawanto, Senin (19/12/2022).

"Di era reformasi sekarang ini disamping kemampuan yang dimiliki para Babinsa masih perlu diberikan tuntutan, pendidikan khusus bidang teritorial, maupun penataran-penataran dan lain sebagainya. Agar mereka dapat melaksanakan tugas kegiatan Binter di wilayah tanggung jawabnya dengan baik," jelasnya lagi.

"Kemampuan yang harus dimiliki Babinsa yaitu Kemampuan Intelijen Teritorial, Kemampuan Pembinaan Wilayah, Kemampuan Pengawasan Wilayah, Kemampuan Pembinaan Rakyat Terlatih, Kemampuan sebagai Inovator Pembangunan," pungkasnya. (Enal)

  • Bagikan