Pimpin Ujian Promosi Doktor Ramli Rasyid, Rektor UNM: Tunjukkan Kemampuan Bangun Relasi

  • Bagikan
Peserta Ujian Doktor A. Ramli Rasjid dan Penguji foto bersama

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dosen Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM), Ramli Rasjid resmi menyandang gelas doktor bidang ilmu sosiologi setelah mengikuti sidang promosi doktor, di Aula Lantai 5 Gedung AD Program Pascasarjana (PPs) UNM, Kamis (29/12).

Ramli Rasjid berhasil meraih doktor ke-1148 PPs UNM setelah menyelesaikan ujian promosi doktor dengan mempresentasikan disertasi yang berjudul: Kohesivitas Sosial Guru di SMK Negeri Kota Makassar.

Ramli memaparkan dalam menerapkan kompetensi sosial, guru diharapkan memiliki kemampuan interaksi sosial yang bersifat kohesif di sekolah, baik dalam proses pembelajaran maupun dalam medan sosial sekolah.

Kenyataan menunjukkan terjadi berbagai kasus dan fenomena interaksi sosial yang tidak kohesif, misalnya pada hubungan antara guru dan peserta didik.

"Sebagai contoh, kasus seorang siswa tewas dipukul oleh guru, aksi kekerasan guru di sekolah, seorang guru menendang siswanya hanya karena terlambat masuk ke sekolah akibat emosi dan secara spontan," paparnya.

Kata Ramli, di SMK Negeri 2 Makassar terjadi penganiayaan guru oleh siswa dan orang tua siswa. Dari berbagai contoh kasus tersebut, telah menunjukkan adanya interaksi sosial yang tidak kohesif pada hubungan antara guru dan siswa di sekolah.

"Hasil riset menunjukkan kompetensi sosial, interaksi sosial, dan kohesivitas sosial guru sebagaimana dipersepsi oleh rekan guru, siswa, tenaga kependidikan, dan masyarakat pada umumnya berada pada kategori sangat baik," jelasnya.

Sedangkan proses dialektika dalam membangun kohesivitas sosial guru terintegrasi pada tiga level; individu, komunal, dan kelembagaan sekolah di SMK Negeri Kota Makassar.

  • Bagikan