Penuhi Kebutuhan Pangan Warga, Pemkot Parepare Teruskan Program ‘Biduan’

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL- Program andalan Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Ketahanan Pangan yang dinamai "BIDUAN" atau bibit peduli pangan masih terus eksis untuk memenuhi kebutuhan sayur-sayuran masyarakat Kota Parepare.

Di tahun 2023 menjelang bulan Ramadhan, Dinas Ketahanan Pangan mulai menyiapkan bibit Cabai dan Tomat untuk dibagikan ke masyarakat .

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Parepare Muhammad Nur, awal Tahun 2023 ini pihaknya sudah menyiapkan sekitar 6 ribu bibit cabai dan tomat serta sayur-sayuran yang akan dibagikan ke masyarakat, untuk menunjang kebutuhan pokok disaat stok berkurang dan harga meningkat.

"Ini akan kami sebar ke masyarakat dalam rangka menanggulangi terjadinya inflasi sebagaimana instruksi Bapak Wali Kota. Juga membantu masyarakat agar bisa memanfaatkan lahan kosongnya bisa ditanami cabai dan tomat, " jelas Muhammad Nur

Dengan adanya program ini, lanjut dia, tentu berupaya untuk bagaimana supaya masyarakat bisa menikmati tanaman holtikultura, seperti cabe, tomat dan sayur-sayuran yang ada di dinas ketahanan pangan. Dan bibit tersebut dibagikan secara gratis ke masyarakat.

"Kita lakukan ini juga menunjang komoditas pangan sehat bagi masyarakat, dalam rangka penurunan angka stunting,"tandasnya.

Di tahun 2023 ini, Dinas Ketahanan Pangan disupport oleh kegiatan KKN Tematik dalam rangka pencegahan stunting.

Koordinator Posko KKN tematik Pencegahan Stunting Gelombang 109 Kelurahan Lapadde, Andi Afdalihillah Rustam yang melakukan kegiatan support KKN di Dinas tersebut mengatakan, penyediaan bibit tanaman ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam hal pemenuhan pangan sehat.

Hadirnya program Biduan ini kata Andi Afdalihillah, diyakini dapat menekan angka kerawanan gizi atau stunting di Kota Parepare khususnya di Wilayah Kelurahan Lapadde.

"Kami berharap, dengan bibit-bibit sayuran dan cabai, bisa memenuhi kebutuhan pangan masyarakat yang terdampak stunting. Jadi ini bisa menekan angka stunting khususnya di Kelurahan Lapadde ini, " pungkasnya. (Yanti)

  • Bagikan