Coffee Morning Jumat Trik Camat Polongbangkeng Utara Serap Aspirasi Masyarakat

  • Bagikan

TAKALAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Kecamatan Polongbangkeng Utara, Kabupaten Takalar intens menggelar coffee morning setiap Jumat. Selain ajang silaturahmi, kegiatan ini juga menjadi sarana bagi pemerintah kecamatan menyerap aspirasi dari masyarakat.

"Selama Januari ini sudah dua kali kami gelar coffee morning. Hasilnya efektif untuk mendengar masukan, saran, dan keinginan masyarakat," kata Camat Polongbangkeng Utara, Ardiyanto Radjab di Desa Lassang Barat, Jumat (27/1/2023).

Pada Coffee Morning Jumat itu, turut dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri Takalar, Salahuddin, seluruh kepala desa dan lurah se Kecamatan Polongbangkeng Utara.

Ardiyanto baru menjabat sebagai camat pada Desember 2022. Namun, sejumlah terobosan telah dijajaki untuk menciptakan program yang berbasis pada pendekatan pelayanan kepada masyarakat.

Menurut dia, Coffee Morning Jumat melibatkan unsur pimpinan kecamatan seperti kepala kepolisian sektor dan komandan rayon militer, tokoh agama, dan masyarakat umum.

"Dari ajang itu, kami bisa melakukan penanganan dan penyelesaian secepat mungkin atas setiap masalah yang disampaikan oleh masyarakat," imbuh Ardiyanto.

Mantan Kepala Bidang Pembinaan Pemerintahan Masyarakat Desa itu menyatakan Coffee Morning Jumat akan digelar secara bergiliran di tiap desa dan kelurahan. Menurut dia, pihaknha harus memastikan bahwa perangkat pemerintahan kecamatan harus bekerja efektif untuk memberi pelayanan kepada masyarakat.

Apalagi, kata dia, pascapandemi Covid-19, masyarakat mengalami banyak permasalahan sosial-ekonomi yang butuh perhatian dan rumusan kebijakan sebagai jalan keluar.

"Saat mendengar keluhan masyarakat dan segera bisa mengambil kebijakan, kami langsung eksekusi," tegas dia.

Dari dua kali Coffee Morning Jumat selama Januari, pemerintah Kecamatan Polongbangkeng Utara telah mengeluarkan kebijakan mengaktifkan kembali sistem keamanan lingkungan (siskamling) di seluruh desa dan kelurahan. Ardiyanto menyatakan siskamling menjadi sarana keterlibatan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban. (*)

  • Bagikan